JK: Perlambatan Ekonomi karena Faktor Eksternal

Antara    •    Kamis, 06 Aug 2015 17:06 WIB
ekonomi indonesia
JK: Perlambatan Ekonomi karena Faktor Eksternal
Foto Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (tengah) ANT/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pelambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2015 diakibatkan oleh faktor eksternal.

"Suasana ekonomi dunia memang melemah. Dengan segala upaya kita masih beruntung dibanding banyak negara-neagra yang tidak bisa mencapai angka itu," kata Kalla, di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Menurut Kalla, pemerintah Indonesia optimistis dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi pada 2015 sebesar lima persen pada kuartal berikutnya. Wapres mengatakan Indonesia perlu meningkatkan produktivitas, investasi serta meningkatkan anggaran pemerintah untuk pembangunan, sehingga memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi.

"Proyek-proyek pemerintah dipercepat dan lebih diefektifkan. Penanaman modal juga kita lebih cepat, kemudian pemakaian hasil-hasil industri lokal untuk pemerintah diefektifkan. Kemudian juga tentu ekspor kita dorong untuk banyak pasar-pasar lain," jelas JK.

Wapres mengatakan siapapun yang menjabat sebagai menteri di bidang perekonomian namun mengalami kendala faktor eksternal maka akan kesulitan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) pada Rabu menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2015 mencapai 4,67 persen. Pencapaian itu melambat dibandingkan triwulan I-2015 yang 4,72 persen.


(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA