Novel Sebut Rusli Bisa Ajukan BW Sebagai Saksi di Pengadilan

Deny Irwanto    •    Kamis, 06 Aug 2015 17:09 WIB
kasus korupsi
Novel Sebut Rusli Bisa Ajukan BW Sebagai Saksi di Pengadilan
Novel Baswedan. Foto: Wahyu Putro A/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik KPK Novel Baswedan mengatakan, Rusli Sibua bisa mengajukan saksi diadili nanti. Hal itu menanggapi keluhan kubu Rusli, Bupati nonaktif Morotai, yang menyebut KPK tak memanggil saksi yang diajukannya dalam penyidikan.

"Itu tidak jadi masalah, dia bisa mengajukannya nanti dalam persidangan di Pengadilan," ujar Novel usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Kamis (6/8/2015).

Dalam salah satu poin gugatan praperadilan, Rusli Sibua melalui kuasa hukumnya Achmad Rifai mempermasalahkan penyidik KPK yang tidak melakukan pemeriksaan kepada Pimpinan nonaktif KPK Bambang Widjojanto sebagai saksi yang telah diajukannya dalam proses penyidikan.

Namun, Novel menyanggah, seharusnya kuasa hukum Rusli-lah yang mengupayakan dan menemui langsung BW untuk mau memberikan kesaksian. Dalam perkara ini, Novel menganggap pihak Rusli tidak mengupayakan hal tersebut. Bambang adalah pengacara Rusli, saat dia berperkara di MK. 

Rusli resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh lembaga antikorupsi pada Jumat 26 Juni. Kasus dugaan suap penanganan pilkada Morotai ini merupakan pengembangan kasus suap terhadap Akil Mochtar sewaktu menjabat sebagai Ketua MK.

Permainan suap Rusli dalam sengketa pilkada Morotai 2011 di MK terungkap dalam dakwaan Akil Mochtar yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum KPK di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, 20 Februari 2014. Sementara, Akil diketahui sudah divonis hukuman penjara seumur hidup dalam kasus suap penanganan perkara di MK.

Menurut jaksa, Akil menerima Rp 2,989 miliar supaya memenangkan Rusli Sibua-Weni R. Paraisu dalam pilkada itu. Rusli diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana dibuah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.


(KRI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA