Malaysia Airlines MH370

Menteri Malaysia: Makin Banyak Puing Pesawat yang Ditemukan

Fajar Nugraha    •    Kamis, 06 Aug 2015 17:52 WIB
malaysia airlines
Menteri Malaysia: Makin Banyak Puing Pesawat yang Ditemukan
Tim Malaysia yang kembali menemukan puing pesawat (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Saint Andre de la Reunion: Menteri Transportasi Malaysia Liow Tong Lai mengatakan, makin banyak puing pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion, Prancis. Pulau tersebut merupakan lokasi ditemukannya puing pesawat yang dikonfirmasi berasal dari MH370.

Namun Liong mengatakan, pihaknya tidak bisa mengkonfirmasi apakah puing-puing pesawat itu berasal dari pesawat Malaysia Airlines MH370. "Saya hanya bisa katakan bahwa itu adalah puing pesawat," ujar Liow, seperti dikutip The Star, Kamis (6/8/2015).

"Ada banyak puing yang berhasil dikumpulkan dari Samudera Hindia, di lokasi sebuah puing pesawat ditemukan pekan lalu," lanjut Liow.

Menurut Liow, puing yang baru ditemukan itu sudah dikirim kepada pihak berwenang Prancis untuk diverifikasi. Sebelumnya, Malaysia sudah meminta pihak berwenang di Maritius dan Madagaskar untuk membantu pencarian MH370.

Sebelumnya Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Reunion, Prancis, merupakan bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370. Namun pihak penyelidik Prancis yang memeriksa puing berkata berbeda. Mereka hanya menyebutkan ada indikasi kuat bahwa bagian flaperon itu berasal dari MH370.

Ketidakpastian ini yang membuat pihak keluarga marah besar. Mereka mengecam pengumuman berbeda dari kedua belah pihak.

Bagi pihak keluarga, konfirmasi itu tidak akan lengkap tanpa ada bukti substansial. Mereka bersikeras pencarian harus tetap dilakukan.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang pada 8 Maret 2014, usai lepas landas dari Kuala Lumpur, menuju Beijing. 239 penumpang berada di dalam pesawat yang dinyatakan jatuh di Samudera Hindia tersebut.


(FJR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA