Ini Penyebab Kemiskinan di Ibu Kota

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 06 Aug 2015 17:58 WIB
kemiskinan
Ini Penyebab Kemiskinan di Ibu Kota
Ilustrasi kemiskinan. (Foto: MI/Panca)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tingkat kemiskinan di DKI Jakarta pada 2015 mencapai 3,53 persen. Sebanyak 286 ribu rumah tangga sasaran (RTS) atau sekitar 1 juta jiwa di Jakarta saat ini hidup di bawah garis kemiskinan.
 
Wakil Gubernur DKI Jakara Dajrot Syaiful Hidayat mengatakan, ada dua penyebab utama orang di Jakarta menjadi miskin. Pertama, mereka tidak punya keterampilan, modal, dan pekerjaan sehingga tidak memiliki penghasilan tetap.
 
“Makanya kami selalu imbau pendatang menyiapkan diri sebelum datang ke Ibu kota. Bila tidak punya keterampilan jangan nekat,” kata Djarot saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Penanggulangan Kemiskinan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2015).
 
Kedua, kemiskinan terjadi ada hubungan sosial yang tidak adil. Warga yang mempunyai pekerjaan dan usaha tetapi diperas oleh orang yang lebih kuat. Ia mencontohkan adanya warga yang harus membayar utang kepada rentenir.
 
“Utang menjadi salah satu biang keladi penyebab kemiskinan. Saya rasa hidup harus cukup. Pengeluaran jangan lebih besar dari pemasukan. Manajemen keuangan keluarga sangat berperan penting,” ujarnya.
 
Menurutnya, Pemerintah harus menemukan sumber masalah kemiskinan sebelum menjalankan proyek penanggulangan kemiskinan agar tepat sasaran. “Dua penyebab itu saya yakin ada di Jakarta. Kalau sumber kemiskinan sudah ditemukan, baru kita menajamkan proyek penanggulangan kemiskinan agar tepat sasaran,” katanya


(FZN)