Semua Pihak Harus Komitmen Melindungi Anak

Tri Kurniawan    •    Kamis, 06 Aug 2015 18:38 WIB
hari anak nasional
Semua Pihak Harus Komitmen Melindungi Anak
Khofifah Indar Parawansa. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, perlindungan anak harus menjadi komitmen bersama antara pemerintah maupun elemen masyarakat dan pihak swasta.

"Saya melihat bahwa yang menjadi masalah mendasar anak saat ini adalah terkait perlindungan mereka. Mulai dari perlindungan pendidikan, kesehatan, dan keamanan mereka baik di dalam maupun di luar keluarga," kata Mensos, Kamis (6/8/2015).

Pada peringatan Hari Anak Nasional 2015 yang diperingati pada 23 Juli, Presiden Joko Widodo melalui Twitter menyampaikan pesan agar anak dijaga dan dibahagiakan.

Mensos mengatakan, masih ada informasi anak-anak mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Artinya, mereka tidak terjaga dengan baik, secara rohani mereka tidak bahagia.

Di samping itu, masih ditemukan anak-anak yang dipekerjakan oleh orang tua atau komunitas lain. Semua harus menyampaikan kepada para orang tua jaga dan lindungi anak mereka.

"Saatnya mereka bersekolah. Kalaupun mereka melakukan sesuatu untuk membantu ekonomi keluarga, maka harus yang toleran terhadap pekerja anak," katanya.

Menurut Mensos, kategori pekerjaan yang toleran terhadap anak adalah yang tetap membawa suasana senang pada anak, tidak mengeksploitasi fisik dan tidak mengganggu waktu belajar mereka.

"Misalnya membuat kerajinan tangan, mereka bisa melakukannya saat pulang sekolah dan bisa sambil bermain," ujar Mensos. (Sumber: Antara)


(TRK)

Pernyataan Pengacara Novanto Memprihatinkan

Pernyataan Pengacara Novanto Memprihatinkan

30 minutes Ago

Fredrich dianggap melewati batas dalam memberikan keterangan dan informasi tentang Novanto yang…

BERITA LAINNYA