Rusia Bidik Investasi di Kalimantan Timur

Antara    •    Kamis, 06 Aug 2015 19:08 WIB
investasi
Rusia Bidik Investasi di Kalimantan Timur
Awang Faroek Ishak ANTARA/Dhoni Setiawan

Metrotvnews.com, Balikpapan: Rusia akan meningkatkan investasinya di Kalimantan Timur melalui PT Kereta Api Borneo (KAB) yang banyak membangun proyek pembangunan jalan di provinsi tersebut. 

Hal ini dikatakan oleh Gubernur Kalimantan Awang Faroek yang mengatakan Rusia akan melakukan investasi di lima proyek besar lainnya di wilayah Kalimantan Timur. Lima proyek yang dilirik adalah Kariangau di Balikpapan, Buluminung yang diestimasikan mencapai USD250 juta. 

“KAB tadinya tertarik untuk membangun rel di antara Kutai Barat dan Buluminung dan Kaiangau di Balikpapan, karena akan menambah pelabuhan batu bara dan mereka berencana untuk menambah pabrik lainnya,” kata dia di Balikpapan, Kamis (6/8/2015).

Gubernur menolak adanya asumsi bahwa Rusia akan melakukan eksploitasi di wilayah tersebut dan lebih menitikberatkan kepada transfer teknologi yang akan membawa dampak kepada perkembangan ekonomi. 

Kepala Hubungan Korporasi Regional KAB HM Yadi Sabianoor mengatakan lima proyek yang dikembangkan di Kariabu bertujuan untuk pembangunan truk Kamaz untuk diekspor ke Rusia dan sejumlah peralatan minyak ke Rusia. 



(SAW)