Petani Pasrah tak Bisa Panen Sayuran

Ismail    •    Kamis, 06 Aug 2015 19:11 WIB
kekeringan
Petani Pasrah tak Bisa Panen Sayuran
Petani tomat mengeluhkan kekeringan sehingga ia tak bisa panen, Metrotvnews.com/ Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Karena kekurangan pasokan air selama musim kemarau, ratusan hektar lahan pertanian milik warga di Kecamatan Sukasari, Sumedang, Jawa Barat, mengalami kekeringan. Petani pun gagal panen.

Selama empat bulan terakhir, para petani di Kecamatan Sukasari mengaku pasrah. Tanaman sayuran yang mereka tanam seperti tomat, terong dan cabai mengering sehingga tidak bisa dipanen.

“Selain tanamannya kering, kini buah tomat yang yang sudah kelihatan berbuah pun menjadi busuk,” ujar seorang patani di Dusun Pasirkalili Desa Genteng, Wawan,40, Kamis (6/8/2015).

Saat ini, kata Wawan, hampir semua petani mengalami kerugian besar karena tanaman sayuran yang ditanam seperti tomat, terong dan juga cabai. Hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

“Terlebih kini harga jualnya pun sangat rendah karena hasilnya buruk, untuk harga jual tomat saja saat ini paling hanya sekitar Rp500 per kilogramnya,” sebutnya.

Petani lainnya, Yayat, 45, seorang petani terong mengaku jika hasil panennya berkurang drastis, bahkan hilang hampir setengahnya.

“Kita disini tidak bisa menyiram tanaman sayuran yang kita tanam karena lokasi lahan pertanian kami dengan sumber air sangatlah jauh, jadi sama sekali tidak bisa disiram,” sebutnya.

Para petani mengaku dengan kondisi tersebut, mereka lebih memilih untuk bertani lagi jika musim penghujan sudah tiba.


(RRN)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

24 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA