Menteri Susi Awasi Kapal Nelayan Besar di Bali

Antara    •    Kamis, 06 Aug 2015 19:14 WIB
kelautan dan perikanan
Menteri Susi Awasi Kapal Nelayan Besar di Bali
Menteri Susi ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menanggapi keluhan nelayan di Kabupaten Jembrana, Bali, yang menyesalkan beroperasinya kapal nelayan besar "Gardan" dari luar Bali yang mengakibatkan hasil tangkap nelayan lokal menurun.

"Kapal yang disebut Gardan ini merupakan kapal cantrang asal Jawa Tengah yang sejatinya dilarang berlayar 12 mil dari perairan asalnya," kata Susi Pudjiastuti dalam rilis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diterima di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Menurut Susi, pihaknya telah menyampaikan di titik lokasi mana saja kapal Cantrang bisa beroperasi serta tidak boleh masuk 12 mil di provinsi lain termasuk di Bali.

Dalam dialog dengan nelayan asal Jembrana, Bali, terungkap pula bahwa para nelayan Bali selain terkendala mencari posisi ikan, juga kalah bersaing dengan kapal itu.

Hal tersebut antara lain karena kapal Gardan menggunakan lampu yang menyilaukan berjarak 3-5 kilometer untuk melihat posisi ikan.

Menanggapi keluhan dari nelayan itu, Menteri Susi menegaskan dirinya tidak akan memberikan izin nelayan dari luar Bali melaut sampai melewati batas.

Menteri Kelautan dan Perikanan mengemukakan bahwa hal itu dikhawatirkan mengakibatkan terjadi perselisihan di tengah laut dan menggeser nelayan lokal. 

"Saya akan berkoordinasi dengan Kapolda Bali, termasuk Angkatan Laut untuk mengusir nelayan yang masuk daerah lain. Ikan di perairan Bali untuk nelayan sini," katanya.



(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA