Surono: Letusan Gunung Raung Tidak Akan Sedahsyat Merapi

Patricia Vicka    •    Kamis, 06 Aug 2015 19:15 WIB
gunung raung
Surono: Letusan Gunung Raung Tidak Akan Sedahsyat Merapi
Gunung Raung mengeluarkan asap pekat, MI/ Khoirul Hamdani

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Gunung Raung di Jawa Timur kembali meletus siang ini. Namun mantan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono memperkirakan Gunung Raung tidak akan meletus hebat dalam waktu singkat. Selain itu letusan Gunung Raung tidak akan sedasyat letusan Gunung Merapi.

"Biarlah Gunung Raung meraung-raung sekarang. Tapi dia tidak akan mungkin menyembur (material) sampai wilayah yang jauh seperti Gunung Merapi," kata pria yang biasa disapa Mbah Rono ini di kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Kamis (6/8/2015).

Pasalnya letusan Gunung Raung bertipe Strombolian yang menyemburkan material berisi cairan panas. Sedangkan letusan Gunung Merapi berjenis Plinean yang disertai dengan luncuran awan panas dan letusan gas hingga puluhan kilometer ke atas.

"Gunung Raung itu miskin gas dan isinya cairan. Kalau air muncrat itu tidak kemana-mana. Semburan apinya juga ga terlalu jauh Sedangkan Merapi isinya kebanyakan gas. Gas kalau meledak itu kemana-mana," jelas tim ahli Vulkanologi Kementerian ESDM ini.

Ia meminta warga di sekitar gunung Raung untuk tidak panik dan percaya dengan isu negatif yang beredar soal keadaan Gunung Raung. "Radius amannya 3 kilometer. Aktivitas warga diluar radius itu aman. Kalau ada yang bilang radius aman 20 kilometer itu hanya ucapan orang yang senang melihat orang ketakutan saja," tegasnya.

Selain itu dirinya juga memastikan aktivitas vulkanologi Gunung Raung tidak akan menyebar ke gunung api terdekat. "Letusannya tidak akan menular ke Gunung disekitar. Diakan (letusannya) bukan virus yang menyebar. Jadi tidak perlu Khawatir," tutup Mbah Rono.
 
Sebelumnya Gunung Raung kembali meletus pagi ini. Akibatnya Bandara Ngurai Rai Bali ditutup sementara sejak pukul 11.00 WIB hingga 18.00 WIB.


(RRN)