Pembangunan Perumahan Perlu Peran Aktif Pemda

Antara    •    Kamis, 06 Aug 2015 19:20 WIB
perumahan
Pembangunan Perumahan Perlu Peran Aktif Pemda
perumahan ANTARA FOTO/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin mengatakan pembangunan perumahan di Tanah Air tidak bisa hanya dilakukan secara sentralisasi tetapi memerlukan peran aktif pemerintah daerah (pemda).

"Penyelenggaraan pembangunan rumah tidak bisa dilakukan secara sentralisasi tapi harus melibatkan pemda," kata Syarif Burhanuddin dalam rilis Komunikasi Publik Kemenpupera yang diterima di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Menurut Syarif, hal tersebut bisa dilakukan salah satunya dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sehingga masyarakat juga bisa ikut berperan dalam program perumahan.

Ia mengingatkan Kemenpupera tidak akan dapat menyelesaikan masalah perumahan sendirian mengingat anggaran perumahan yang ada saat ini belum memadai.

Untuk itu pihaknya akan melibatkan sektor swasta, masyarakat dan pemda serta dana-dana non-APBN untuk meningkatkan penyediaan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Program sejuta rumah bukan berarti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun rumah sebanyak satu juta unit lalu dibagi-bagi kepada masyarakat di daerah-daerah," jelasnya.

Namun, pemerintah berusaha agar seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan bisa terlibat dalam program perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebelumnya, pemerintah daerah diminta dapat menyiapkan data terkait rumah tidak layak huni sebagai bentuk sinergi dengan pemerintah pusat dalam rangka menangani permasalahan perumahan bagi masyarakat di berbagai daerah.

"Kami berharap bupati dan wali kota dapat menyiapkan data rumah tidak layak huni sehingga dapat diketahui secara pasti jumlah rumah yang perlu mendapat bantuan dari pemerintah," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin.

Menurut dia, hingga saat ini pemerintah masih bergantung kepada data Badan Pusat Statistik yang menyebutkan ada 3,4 juta unit rumah tidak layak huni secara nasional.



(SAW)

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

36 minutes Ago

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad melalui sambungan telepon mengatakan be…

BERITA LAINNYA