Prediksi Juara Liga Primer Inggris Musim Ini

Hilman Haris    •    Kamis, 06 Aug 2015 19:35 WIB
liga inggris
Prediksi Juara Liga Primer Inggris Musim Ini
Usaha Chelsea untuk mempertahankan gelar dimulai dengan melawan Swansea City, Sabtu 8 Agustus (AFP)

Metrotvnews.com, London: Perjuangan 20 klub untuk menjadi yang terbaik di Liga Primer Inggris 2015--2016 bakal dimulai sejak Sabtu, 8 Agustus. Sebagai menu pembuka, peringkat keempat musim lalu, Manchester United bakal menghadapi Tottenham Hotspur pada pukul 18.45 WIB.

Sang juara bertahan, Chelsea baru bertanding beberapa jam setelah MU tampil. Sesuai jadwal, The Blues akan melawan tim kuda hitam, Swansea City.

Laga pembuka wajib dimenangkan oleh MU dan Chelsea. Pun anggota The Big Four lainnya seperti Arsenal dan Liverpool. Bukan apa-apa, kemenangan pada laga pertama bisa memberikan motivasi ekstra kepada tim untuk menjalani kompetisi dengan mentalitas yang bagus.

Chelsea patut ingat, MU, Arsenal, Liverpool, dan Manchester City sudah memperkuat diri dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang pada bursa transfer musim panas 2015. Selip sedikit, gelar juara bisa melayang ke tangan para pesaing.

Ingin tahu bagaimana perjalanan Chelsea, MU, Arsenal, Liverpool, Manchester City, dan sejumlah tim kuda hitam seperti Tottenham Hotspur mengarungi Liga Primer Inggris musim ini? Simak analisis Metrotvnews.com berikut ini:

Peringkat keenam: Tottenham Hotspur
Posisi musim lalu: Kelima
Tottenham Hotspur bermasalah dengan lini pertahanan pada musim lalu. Dari 38 laga, skuat asuhan Mauricio Pochettino itu kebobolan 53 gol. Jumlah itu bahkan lebih buruk dari yang didapat oleh tim peringkat ke-18 pada 2014--2015, Hull City. Ketika itu, Hull yang terdegradasi pada akhir musim hanya kebobolan 51 gol.

Problem pertahanan coba diperbaiki Pochettino. Saat bursa transfer musim panas 2015 dibuka, Pochettino mendatangkan bek Toby Alderweireld dari Atletico Madrid. Keberadaan bek yang musim lalu dipinjamkan ke Southampton itu setidaknya bisa menjaga konsistensi permainan Tottenham. Namun tidak menjadi jaminan membuat mereka bisa menembus empat besar. Menilik dari kekuatan tim besar lain, rasanya Tottenham hanya bisa finis di urutan keenam pada akhir musim.

Posisi kelima: Liverpool
Posisi musim lalu: Keenam
Manuver Liverpool di bursa transfer cukup cerdik. Mereka mendatangkan Christian Benteke, Roberto Firmino, James Milner,  dan Nathaniel Clyne yang memang dibutuhkan oleh tim. Satu-satunya masalah yang bakal dihadapi manajer Brendan Rodgers adalah ketiadaan Steven Gerrard. Tanpa dirinya, sulit bagi Rodgers untuk memompa semangat tim. The Reds bisa saja limbung andai meraih hasil buruk secara beruntun.

Melihat hasil pramusim dan kedalaman skuat, rasanya Liverpool hanya bisa bersaing untuk berada di papan atas. Sulit bagi mereka bersaing memperebutkan gelar juara dengan City, Arsenal, MU, atau Chelsea yang memiliki skuat lebih mentereng.

Posisi keempat: Manchester City
Posisi musim lalu: Kedua
Raheem Sterling memang pemain hebat. Namun, ia bukan tipe pemain yang bisa mengubah hasil pertandingan seperti halnya Eden Hazard di Chelsea, Alexis Sanchez di Arsenal, atau Wayne Rooney di MU. City butuh mendatangkan pemain berlabel bintang lainnya sebelum bursa transfer musim panas 2015 ditutup. 

Membeli satu gelandang serang dan satu striker jadi pilihan bijak. Dua pemain itu bakal berguna untuk melapis David Silva dan Sergio Aguero ketika tampil di Piala FA dan Piala Liga. Andai tak lagi bermanuver di bursa transfer, rasanya sulit mengharapkan City bisa berprestasi di Liga Primer Inggris 2015--2016.


Posisi ketiga: Manchester United
Posisi musim lalu: Keempat
Perebutan posisi kedua diprediksi bakal sengit antara Arsenal dan MU. Faktor kekompakan menjadi hal yang membedakan kiprah kedua tim. MU memang mendatangkan sejumlah pemain hebat seperti Memphis Depay, Morgan Schneiderlin, Bastian Schweinsteiger, dan Matteo Darmian. Tapi, keempatnya diyakini butuh waktu untuk bisa kompak dengan pemain MU lainnya.

Persis seperti musim lalu, MU bakal terseok-seok pada awal kompetisi.  Performa MU sepertinya baru akan menanjak ketika paruh kedua kompetisi dimulai. Tapi, catatan impresif dari Januari hingga akhir musim tak akan mampu membawa MU meraih posisi kedua apalagi menjadi juara. Posisi ketiga jadi prestasi paling realistis buat Rooney dkk.

Posisi kedua: Arsenal
Posisi musim lalu: Ketiga
Konsistensi menjadi problem utama Arsenal dalam beberapa tahun terakhir. Mereka kerap melaju kencang pada awal kompetisi namun mendadak melempem ketika mendekati garis finis. Tren ini sepertinya bakal terulang pada musim ini. Bedanya, Arsenal tidak akan lagi terlempar dari dua besar seperti musim-musim sebelumnya.

Kedatangan Petr Cech bakal sedikit membantu performa The Gunners. Bersamanya, gawang tim bakal sulit dibobol. Sejumlah hasil seri dan kekalahan dari tim medioker yang sering didapat pada 2014--2015 disinyalir tidak akan lagi terjadi selama gawang Arsenal dikawal Cech.    

Posisi pertama: Chelsea
Posisi musim lalu: Pertama
Chelsea menjadi juara Liga Primer Inggris musim lalu ketika Diego Costa kerap cedera dan Cesc Fabregas belum tampil secara maksimal. Ketika keduanya tampil  dalam performa puncak, The Blues tentu bakal tambah menakutkan.

Chelsea mungkin tidak akan mendapatkan kemenangan-kemenangan mudah seperti yang didapat pada musim lalu. Maklum, tim lain biasanya bakal tampil habis-habisan saat melawan juara bertahan. Andai 11 pemain inti tidak cedera secara bersamaan, rasanya sulit bagi tim lain untuk menahan laju The Blues ke tangga juara.


(HIL)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA