Profil Tim Peserta Liga Primer Inggris 2015--2016 (1)

Achmad Firdaus    •    Kamis, 06 Aug 2015 22:23 WIB
liga inggris
Profil Tim Peserta Liga Primer Inggris 2015--2016 (1)
Foto: (http://www.asportsnews.com/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Genderang perang Liga Primer Inggris 2015--2016 akan resmi ditabuh mulai Sabtu 8 Agustus 2015. 20 tim di kasta tertinggi Inggris akan bertarung untuk memperebutkan status tim terbaik di Negeri Ratu Elizabeth.

Berbagai persiapan sudah dilakukan sejumlah tim-tim besar. Mulai dari merekrut pemain baru hingga menggelar laga uji coba yang digunakan untuk mengukur kekuatan mereka jelang musim baru.

Lima tim tradisional seperti Manchester City, Manchester United, Arsenal, Liverpool, hingga sang juara bertahan Chelsea pastinya akan kembali jadi menu utama di setiap pekannya. Persaingan lima klub besar ini diyakini juga akan lebih sengit mengingat mereka sudah memperkuat skuat dengan mendatangkan pemain top.

Meski begitu, sejumlah klub kuda hitam macam Tottenham Hotspur, Southampton atau Everton siap mengancam eksistensi tim-tim papan atas. Yang menarik, geliat tiga klub yang baru promosi.

Para pendatang baru seperti AFC Bournemouth, Norwich City, dan Watford tentunya tidak ingin hanya menjadi penghibur dan kembali turun kasta ke divisi championship musim depan.

Berikut Metrotvnews.com coba merangkum profil tim-tim Liga Primer Inggris 2015--2016:

AFC BOURNEMOUTH
Berdiri: 1890
Prestasi musim 2014--2015: Juara Divisi Championship
Pelatih: Eddie Howe
Julukan: The Cherries, Boscombe

Mendapatkan tiket promosi dengan status juara divisi championship, Bournemouth tentunya tidak ingin hanya numpang lewat di Liga Primer Inggris. Apalagi, ini adalah kali pertama dalam sejarah mereka tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Untuk bisa bertahan, tim besutan Eddie Howe sudah memperkuat skuat. Salah satunya mendatangkan kiper kawakan Artur Boruc dan meminjam salah satu pemain muda Chelsea, Christian Atsu.

ARSENAL
Berdiri: 1886
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 3
Pelatih: Arsene Wenger
Julukan: The Gunners

Kehadiran Petr Cech di bawah mistar diyakini akan mampu membuat Arsenal tampil lebih kuat musim ini. Jika mampu menjaga konsistensi performa dan tidak dihadang masalah klasik (baca: cedera pemain) seperti di musim-musim sebelumnya, The Gunners dipercaya mampu bersaing memperebutkan gelar juara.

ASTON VILLA
Berdiri: 1874
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 17
Pelatih: Tim Sherwood
Julukan: The Villans

Nyaris terdegradasi musim lalu menjadi pembelajaran berharga bagi Aston Villa. Di musim ini, mereka bertekad mengembalikan status mereka sebagai salah satu pesaing di papan tengah.

Sejumlah perombakan dilakukan Tim Sherwood untuk memperkuat skuatnya. Beberapa pemain yang cukup familiar dengan Liga Inggris seperti Scott Sinclair dan Micah Richards didatangkan meski mereka harus kehilangan mesin golnya, Christian Benteke yang hijrah ke Liverpool.

CHELSEA
Berdiri: 1905
Prestasi musim 2014--2015: Juara
Pelatih: Jose Mourinho
Julukan: The Blues

Chelsea dijagokan banyak kalangan untuk kembali menjadi juara pada musim ini lantaran dinilai memiliki skuat yang paling komplet. Jose Mourinho tidak kehilangan para pemain andalan yang mengantar Chelsea jadi juara musim lalu, kecuali Petr Cech.

Untuk mengisi pos yang ditinggalkan Cech, Mourinho merekrut Asmir Begovic untuk melapisi Thibaut Courtois di bawah mistar. Selain itu, ia juga meminjam Radamel Falcao yang gagal bersinar di Manchester United untuk melapis Diego Costa yang musim lalu kerap dibekap cedera.

CRYSTAL PALACE
Berdiri: 1905
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 10
Pelatih: Alan Pardew
Julukan: The Eagles

Keputusan manajemen klub merekrut Alan Pardew pada bursa transfer musim dingin terbukti tepat. Mantan pelatih Newcastle United tersebut jadi aktor dibalik sukses Palace finis di urutan 10, setelah sebelumnya tercecer di zona degradasi.

Musim ini, Palace bertekad mempertahankan prestasi musim lalu dengan merekrut Yohan Cabaye (PSG), Patrick Bamford (Chelsea), dan Connor Wickham (Sunderland).

EVERTON
Berdiri: 1878
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 11
Pelatih: Roberto Martinez
Julukan: The Toffees

Everton gagal meraih hasil apik pada musim lalu di mana mereka harus terlempar dari 10 besar. Di musim ini, Roberto Martinez coba membangkitkan kembali motivasi anak asuhnya untuk kembali jadi tim kuda hitam yang ditakuti dengan mendatangkan gelandang Manchester United, Tom Cleverley dan merekrut eks pemain Barcelona Gerard Deulofeu secara permanen.

Selain itu, ia juga mempertahankan sejumlah pemain inti seperti Romelu Lukaku, Kevin Mirallas, Leighton Baines, Phil Jagielka, dan bek tangguh John Stones.

LEICESTER CITY
Berdiri: 1884
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 14
Pelatih: Claudio Ranieri
Julukan: The Foxes

Nyaris terdegradasi musim lalu, manajemen Leicester langsung bergerak cepat menyusun skuat untuk musim ini. Pelatih kawakan, Claudio Ranieri didatangkan untuk menggantikan Nigel Pearson.

Bersama Ranieri, Leicester berharap bisa bersaing untuk setidaknya bertahan di papan tengah. Beberapa pemain anyar yang didatangkan antara lain; Christian Fuchs (Schalke), Robert Huth (Stoke City), dan Shinji Okazaki (Mainz).

LIVERPOOL
Berdiri 1892
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 6
Pelatih: Brendan Rodgers
Julukan: The Reds

Hanya finis di posisi enam musim lalu, Liverpool langsung bergerak cepat di bursa transfer musim ini. Brendan Rodgers langsung membawa tujuh pemain anyar. Terkini, The Reds sukses mendatangkan Christian Benteke sebagai solusi buruk lini depan mereka musim lalu.

Untuk bersaing memperebutkan gelar juara, Liverpool sepertinya belum punya skuat yang cukup mapan. Namun, untuk bersaing memperebutkan satu tempat di posisi empat besar The Reds patut diperhitungkan.

MANCHESTER CITY
Berdiri:1880
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 2
Pelatih: Manuel Pellegrini
Julukan: The Citizens

Geliat City di bursa transfer musim panas ini tidak selincah seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya satu pembelian besar yang dilakukan Manuel Pellegrini saat memboyong Raheem Sterling dari Liverpool. Selebihnya, City merekrut pemain kelas dua macam Fabian Delph (Aston Villa), Enes Unal (Bursaspor), dan Patrick Roberts (Fulham).

Manajemen klub nampaknya memang "sengaja" berhemat musim ini, mengingat ini berpotensi jadi musim terakhir Manuel Pellegrini di kursi pelatih. Petinggi The Citizens kemungkinan akan kembali menggelontorkan dana besar saat Josep Pep Guardiola datang untuk menggantikan Pellegrini, musim depan.

MANCHESTER UNITED
Berdiri: 1878
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 4
Pelatih: Louis van Gaal
Julukan: The Red Devils

Berbeda dengan rival sekotanya, United sangat aktif bermanuver di jendela transfer musim panas ini. Sejumlah nama beken, mulai dari Morgan Schneiderlin, Memphis Depay, hingga Bastian Schweinsteiger sukses dilabuhkan ke Old Trafford.

Manuver ini membuat Van Gaal diyakini punya skuat yang cukup kompetitif untuk bersaing memperebutkan titel juara musim ini. Namun, sejumlah analis sepak bola Inggris memprediksi, United masih belum cukup mapan untuk jadi juara karena masalah utama yang mereka hadapi saat ini adalah lemahnya sektor pertahanan, dan sektor itu tidak dibenahi dengan baik oleh meneer asal Belanda itu.



(ACF)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA