Profil Tim Peserta Liga Primer Inggris 2015--2016 (2-Habis)

Achmad Firdaus    •    Kamis, 06 Aug 2015 23:55 WIB
liga inggris
Profil Tim Peserta Liga Primer Inggris 2015--2016 (2-Habis)
Foto: (http://www.asportsnews.com/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertarungan sengit kompetisi Liga Primer Inggris 2015--2016 akan resmi dibuka, Sabtu 8 Agustus 2015. Sebanyak 20 tim akan saling sikut untuk memperebutkan trofi juara.

Setelah menyimak daftar tim-tim Liga Primer Inggris 2015--2016 di bagian pertama, Metrotvnews.com akan menyajikan profil tim-tim Liga Primer Inggris bagian kedua.

NEWCASTLE UNITED
Berdiri: 1892
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 15
Pelatih: Steve McClaren
Julukan: The Magpies

Ditinggalkan Alan Pardew pada tengah musim, Newcastle sempat mengalami situasi sulit. Mereka bahkan sempat tercecer di zona merah sebelum akhirnya selamat usai meraih hasil positif di pekan-pekan terakhir kompetisi.

Kini, demi menatap hasil yang lebih baik di musim ini, manajemen klub langsung melakukan perombakan. John Carver didepak untuk memberikan jalan pada mantan pelatih Inggris, Steve McClaren. Dengan rekrutan anyar seperti Georginio Wijnaldum (PSV) dan Aleksandar Mitrovic (Anderlecht), McClaren diharapkan bisa membawa Newcastle kembali jadi tim kuda hitam yang kerap merepotkan tim-tim besar.

NORWICH CITY
Berdiri: 1902
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 3 Divisi Championship
Pelatih: Alex Neil
Julukan: The Canaries

Norwich memastikan diri kembali tampil di Liga Primer Inggris usai mengalahkan Middlesbrough di babak playoff. Setelah dua tahun berlaga di kompetisi kasta kedua, Norwich tentunya ingin lebih lama tampil di Liga Primer Inggris.

Untuk bisa tetap bertahan di kasta tertinggi, sejumlah pemain anyar pun didatangkan. Di antaranya, Graham Dorrans dan Youssouf Mulumbu (WBA), Robbie Brady (Hull City), dan Andre Wisdom yang dipinjam dari Liverpool.

SOUTHAMPTON
Berdiri: 1885
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 7
Pelatih: Ronald Koeman
Julukan: The Saints/Soton

Southampton sukses mencatatkan diri sebagai salah satu kuda hitam paling menakutkan di musim lalu. Di bawah arahan pelatih Belanda, Ronald Koeman, Soton tampil gemilang dengan kolektifitas permainan  sebagai senjata utamanya.

Musim ini akan jadi tantangan terbesar bagi Koeman. Di saat dua pemain andalannya Morgan Schneiderlin dan Nathaniel Clyne hengkang, mampukah Koeman kembali membawa Soton merepotkan tim-tim mapan?

STOKE CITY
Berdiri: 1863
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 9
Pelatih: Mark Hughes
Julukan: The Potters

Finis di posisi sembilan musim lalu tak lantas membuat Stoke City puas. Mark Hughes menambah skuatnya dengan merekrut pemain berkualitas macam Glen Johnson (Liverpool), Ibrahim Afellay (Barcelona), dan Marco van Ginkel yang dipinjam dari Chelsea.

SUNDERLAND
Berdiri: 1879
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 16
Pelatih: Dick Advocaat
Julukan: The Black Cats

Dick Advocaat memastikan Sunderland selamat dari degradasi usai menahan imbang Arsenal 0-0 di pekan ke-37. Setelah sempat memutuskan mundur pada akhir musim, pelatih kawakan Belanda ini akhirnya setuju untuk menandatangani kontrak satu tahun dengan Sunderland.

Di musim penuh pertamanya bersama Sunderland, Advovaat memboyong empat pemain anyar, yakni Sebastian Coates (Liverpool), Adam Matthews (Celtic), Jermain Lens (Dynamo Kiev), Younes Kaboul (Tottenham Hotspur) dan Yann M'Villa dari Rubin Kazan. Target yang dibebankan klub tidak terlalu muluk, yakni hanya bertahan di Liga Primer.

SWANSEA CITY
Berdiri: 1912
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 8
Pelatih: Garry Monk
Julukan: The Swans

Mengakhiri musim di posisi delapan pada musim lalu, Swansea terus mempertahankan status mereka sebagai tim kuda hitam. Tapi, mampukah Garry Monks mempertahankan status tersebut di musim ini?

Merujuk komposisi skuat yang tidak jauh berbeda dari musim lalu, Swansea City diyakini akan kembali merepotkan tim-tim panas atas. Apalagi, klub asal Wales ini baru saja mendatangkan bomber anyar Andrew Ayew dari OLympique Marseille.

TOTTENHAM HOTSPUR
Berdiri: 1882
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 5
Pelatih: Mauricio Pochettino
Julukan: Spurs / The Lilywhites

Menembus jajaran empat besar menjadi target utama Tottenham Hotspur setelah musim lalu finis di posisi lima. Masalah di lini pertahanan yang jadi titik lemah mereka musim lalu diantisipasi dengan mendatangkan bek Atletico Madrid, Toby Alderweireld.

Sekarang, tinggal bagaimana Pochettino menjaga konsistensi pasukannya sekaligus berharap tim-tim papan atas seperti Liverpool, Manchester City, Manchester United, Arsenal, atau Chelsea tampil inkonsisten.

WATFORD
Berdiri: 1881
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 2 Divisi Championship
Pelatih: Quique Sanchez Flores
Julukan: The Hornets

Dari tiga tim promosi yang akan berlaga di Liga Primer musim ini, Watford jadi tim yang paling aktif bergerak di bursa transfer musim panas ini. Demi tampil mengejutkan, Watford merekrut pelatih yang pernah mengantar Atletico Madrid juara Liga Europa, Quique Sanchez Flores.

Tak hanya mengganti pelatih, Watford juga merekrut 10 pemain anyar. Beberapa di antaranya merupakan pemain yang cukup dikenal di Eropa seperti Jose Holebas (AS Roma), Etienne Capoue (Tottenham Hotspur), Valon Behrami (Hamburg), dan Miguel Britos (Napoli). Melihat aktifitas mereka di lantai bursa, menarik untuk disimak sepak terjang The Hornets musim ini.

WEST BROMWICH ALBION
Berdiri: 1878
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 13
Pelatih: Tony Pulis
Julukan: The Baggies / WBA

Tak banyak akfitivas yang dilakukan West Brom untuk menyambut musim baru. Dari tiga pemain baru yang didatangkan, salah satu yang paling menyita perhatian adalah keputusan WBA merekrut striker gaek Liverpool, Rickie Lambert.

Meski Lambert sudah berusia 33 tahun, dan musim lalu gagal bersinar bersama Liverpool, Tony Pulis cukup yakin dia memberikan kontribusi untuk WBA lewat pengalamannya.

WEST HAM UNITED
Berdiri: 1895
Prestasi musim 2014--2015: Posisi 12
Pelatih: Slaven Bilic
Julukan: The Hammers

Keputusan Sam Allardyce mengundurkan diri pada akhir musim ini dijawab manajemen West Ham dengan merekrut Slaven Bilic. Kehadiran pelatih yang sempat sukses membawa Kroasia tampil apik di Euro 2008 diyakini akan membuat permainan West Ham musim ini lebih atraktif.

Untuk menopang kinerjanya, Bilic yang sempat berkostum West Ham, mendatangkan sejumlah pemain bagus seperti Pedro Obiang (Sampdoria) dan Angelo Ogbonna dari Juventus. Mampukah Bilic membawa West Ham jadi tim yang diperhitungkan musim ini?



(ACF)