Haedar: Muhammadiyah Modern Mengusung Misi Pencerahan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 07 Aug 2015 03:58 WIB
muktamar muhammadiyah
Haedar: Muhammadiyah Modern Mengusung Misi Pencerahan
Ketua Umum PP Muhammadiyah terpilih, Haedar Nashir. (MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Makassar: Ketua Umum PP Muhammadiyah terpilih, Haedar Nashir telah memiliki visi bagi Muhammadiyah dalam lima tahun masa jabatannya ke depan. Menjadikan Muhammadiyah lebih baik.

Haedar mengatakan visi ini pun merupakan hasil kesepakatan muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar.

"Pertama, tercipatanya transformasi gerakan Muhammadiyah. Sehingga gerakan ini semakin lebih maju, modern, profesional, dan Islam yang mengusung misi pencerahan," kata Haedar di Universitas Muhammdiyah, Makassar, Kamis (6/8/2015) malam.

Kedua, kata Haedar, Muhammadiyah harus dinamis dalam menjalankan amal dan usahanya selama lima tahun ke depan.

"Sehingga kekuatan Muhammadiyah yang mandiri, bersinergi luas, berwawasan dengan seluruh kekuatan bangsa maupun global atau internasional," pungkas dia.

Terakhir, ia akan menjadikan Muhammadiyah makin produktif, dan juga berperan praktis dalam kehidupan umat berbangsa dan bernegara.

"Maka kalau dibaca dalam isu-isu strategis, bahwa Muhammadiyah melihat ada tiga problem besar dalam konteks keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan universalitas. Dan di dalam masing-masing problem itu ada titik krusial yang kita lihat menjadi 5 tahun ke depan. Bukan hanya Muhammadiyah tetapi oleh bangsa dan negara. Kami akan berjalan dengan kekuatan kolektif kolegial inilah yang menjadi ciri khas kepemimpinan Muhammadiyah," terang dia.

Ia pun menyanjung ketua umum PP Muhammadiyah periode sebelumnya, Din Syamsuddin, yang berhasil memberikan capaian gemilang melalui jihad konstitusi.

"Tentu kami harus mengucapkan terima kasih kepada ketum PP Muhammadiyah sebelumnya bapak Din Syamsuddin, yang telah mengantarakan Muhammadiyah selama 5 tahun dengan banyak capaian yang cemerlang dan sangat strategis untuk kemajuan bangsa," tandasnya.


(MEL)