Muhammadiyah Bekerja Sama dengan NU Demi Kebaikan Umat

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 07 Aug 2015 06:01 WIB
muktamar muhammadiyah
Muhammadiyah Bekerja Sama dengan NU Demi Kebaikan Umat
Ketua Umum PP Muhammadiyah terpilih, Haedar Nashir. (MI/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Makassar: Ketua Umum PP Muhammadiyah terpilih, Haedar Nashir mengucapkan selamat atas keberhasilan Said Aqil Siraq terpilih kembali menjadi ketua umum Nahdlatul Ulama (NU). Haedar pun memastikan Muhammadiyah akan terus menjalin hubungan baik dengan NU demi kehidupan umat manusia.

"Selamat atas terpilihnya Said Aqil dan terbentuk pengurusan baru (di NU)," kata Haedar di Universitas Muhammadiyah, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (6/8/2015).

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga akan melanjutkan tradisi yang telah terbangun antara dua organisasi Islam terbesar di Indonesia ini.

"Insya Allah sesuai tradisi kami akan bekerja sama dalam aspek-aspek untuk kebaikan umat," kata dia.

Haedar menegaskan bahwa Muhammadiyah tidak akan berafiliasi dengan partai politik manapun. Dan, kata dia, hal itu sudah merupakan sikap politik Muhammadiyah muktamar di Makassar tahun 1991 silam.

"Di lagu muktamar itu sudah jelas, dari Makassar kembali ke Makassar. Kita jadi pegangan dasar," kata Haedar, di Universitas Muhammadiyah, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (6/8/2015).

Menurut dia, Muhammadiyah tidak akan mendirikan partai politik maupun hubungan apapun secara struktural dengan partai politik. Namun, kata Haedar, Muhammadiyah tetap akan menjalin hubungan baik dengan terus membangun komunikasi dengan partai politik.

"Kita lihat usul-usul dalam pemandangan umum walau bukan arus besar. Poinya kita membangun komunikasi dengan semua kekuatan bangsa termasuk partai politik," terang dia.

Kendati demikian, ia pun tetap membuka kader terbaiknya untuk berkiprah dalam kanca perpolitikan. Apalagi, kata dia, Muhammadiyah memiliki banyak kader potensial.

"Dalam konteks saluran, tentu kita memberikan kesempatan kepada kader muda kita untuk berkiprah. Dan kita punya institusi yang banyak, kita punya majelis hikmah, perguruan tinggi dan artikulasi kader politik itu tentu harus melalui pendidikan politik yang baik," tandas dia.


(MEL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA