Hilangkan Jejak, Andy Buang Semua Barang Pribadi Rian

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 07 Aug 2015 08:02 WIB
pembunuhan asisten presdir xl
Hilangkan Jejak, Andy Buang Semua Barang Pribadi Rian
Adik sepupu Ryan. (MTVN/Lukman)

Metrotvnews.com, Garut: Tak lama berada di kamar nomor 5, Hotel Cipaganti, Cipanas, Garut, Jawa Barat, tersangka pembunuh Hayriantira, 37, Andy (38) langsung meninggalkan hotel usai membunuh Rian. Diketahui Andy hanya berada dua jam di hotel, dia pun menggondol sejumlah barang pribadi Rian dan membuangnya di Terminal di Garut.

"Semuanya saya bawa. Kuncinya (kunci hotel) saya bawa. Saya masukan ke tasnya dia (Rian). Semua barang-barang dia," jelas Andy kepada wartawan, usai lakukan prarekontruksi, di Hotel Cipaganti, Kamis (6/8/2015).

Meskipun mengakui membawa semua barang pribadi Rian, namun menurutnya untuk menghilangkan jejak dirinya membuang sejumlah barang pribadi Rian dalam satu tas yang dibawa Rian. Yakni pakaian Rian yang dilucuti pelaku, iPhone 3s, Blackberry, dompet, ATM, kartu kredit, KTP dan lainnya.

Dia mengaku, membuang semua itu di terminal di daerah Garut. "Saya buang semua di terminal besar. Di halte," ucapnya.

Namun Andy tak ingat, di mana terminal itu berada. Pasalnya karena terburu-buru guna menghilangkan jejak, dia berpikir singkat. Sementara itu, dia juga tak meninggalkan mobil Honda Mobilio silver milik Rian yang dibawanya. Justru mobil itu sempat dikuasai Andy.

Seperti diketahui, Kematian wanita yang disapa Rian ini, diketahui setelah Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus pemalsuan dokumen yang dilakukan tersangka atas nama Andy. Andy diketahui memalsukan dokumen, guna membalik nama dan mengambil mobil Rian yang dibawa kabur usai membunuh wanita tersebut.

Andy yang sebelumnya dijadikan tersangka pemalsuan, atas laporan keluarga Rian karena dianggap telah mengambil mobil Rian. Pun dicurigai keluarga ibu beranak dua itu. Walhasil, ibu Rian, Rukmina, 54 melakukan pendekatan dengan Andy untuk mengetahui dimana putrinya itu.

Dari pengakuan Andy meluncur kata, bahwa Andy lah pelaku pembunuhan Rian. Dia dibunuh di Hotel Cipaganti pada 30 Oktober 2014, dengan cara mulutnya dibekap dan direndam di air panas. Pada 31 Oktober 2014, jasad Rian ditemukan cleaning service yang menaruh curiga karena mencium bau busuk dari dalam kamar hotel tersebut.


(MEL)