Ekosistem Air Tawar Rentan Punah 15 Kali Lebih Besar

- 22 Mei 2013 11:44 wib

Metrotvnews.com: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menggelar seminar dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati yang jatuh pada 22 Mei.

"Hari Keanekaragaman Hayati tahun ini mengangkat tema 'Air dan Keanekaragaman Hayati' yang ditetapkan secara internasional. Selaras dengan ketetapan PBB bahwa 2013 merupakan international year of water cooperation," kata Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI Dr Siti Nurmaliati Prijono di sela seminar Keanekaragaman Hayati yang berlangsung di Gedung Kusnoto-LIPI, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/5).

Siti mengatakan, seluruh dunia memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional dengan tujuan untuk menumbuhkan kecintaan penduduk di dunia
terhadap keanekaragaman hayati. Menurut Siti, peran penting air untuk menjamin keberlanjutan seluruh kehidupan di bumi. "Ketersediaan air secara berkelanjutan merupakan salah satu tantangan utama untuk pembangunan berkelanjutan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ekosistem yang lestari diseluruh dunia, akan menjamin ketersediaan air bersih bagi kehidupan manusia. "Khususnya hutan dan lahan basah, dan juga menjamin bahwa air bersih tersedia bagi komunitas manusia," jelasnya.

Ia menambahkan, air pada fungsinya mendasari semua jasa ekosistem, salah satu contohnya lahan basah sebagai wilayah penampung dan resapan, dapat
membantu mengurangi risiko dari banjir. Restorasi tanah, lanjut Siti, dapat mengurangi erosi dan polusi, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan air bagi tanaman. "Kawasan lindung dapat membantu konservasi air dan dapat menyediakan air ke kota-kota," ujarnya.

Siti menjelaskan, bahwa saat ini ekosistem air tawar menghadapi kepunahan yang semakin rentan, karena memiliki tingkat kepunahan 15 kali lebih besar daripada ekosistem air laut.

"Padahal ekosistem air tawar menyimpan ribuan spesies. Oleh karena itu, ekosistem air tawar dan keanekaragaman hayati kini merupakan prioritas
konservasi secara global," ungkapnya. (Ant)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.