Intel Skylake Telah Hadir, Haruskah Anda Meng-upgrade PC?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 09 Aug 2015 12:40 WIB
intel
Intel Skylake Telah Hadir, Haruskah Anda Meng-upgrade PC?
Wujud paket penjualan Intel Core i5-6600K dan Core i7-6700K

Metrotvnews.com: Pada 5 Agustus 2015, Intel resmi merilis jajaran prosesor generasi ke-6. Prosesor Intel generasi ke-6 atau lebih dikenal dengan nama Skylake tersebut dibuat dengan menggunakan arsitektur 14nm. Sebagai awal dari perilisan prosesor generasi terbaru tersebut, Intel merilis Core i5-6600K dan Core i7-6700K.

Sesuai namanya, kedua prosesor tersebut merupakan prosesor untuk PC desktop yang telah di-unlocked atau kemampuan overclock-nya dapat digunakan. Ada beberapa hal yang perlu dicermati dari Skylake.

Selain menggunakan arsitektur baru, ia hadir dengan socket baru, LGA 1151. Motherboard penyokong prosesor ini pun menggunakan chipset baru, Z170. Skylake juga merepresentasikan iterasi "tock" pada sistem pengembangan teknologi Intel yang dikenal sebagai "tick-tock". Pertanyaannya, apakah kehadiran Skylake menandakan bahwa Anda harus meng-upgrade PC?

Meskipun baru berumur kurang lebih empat hari, telah cukup banyak reviewer di internet yang telah menjajal Skylake. Menurut PC GAMER yang juga telah menjajal prosesor Skylake, prosesor tersebut tak memberikan lompatan peningkatan performa yang signifikan dan perbedaan performanya hanya berkisar 5-10 persen.

Pengujian terhadap game pun membuahkan hasil yang sama. Peningkatan framerate pada Skylake tak signifikan. Meskipun demikian, Skylake masih memiliki potensi besar yang patut dipertimbangkan.

Ia menggunakan platform baru. Kehadiran platform baru berarti Intel akan segera meninggalkan platform lamanya, dan ketersediaan komponen untuk platform lama perlahan akan semakin sulit ditemukan di pasar. Platform baru juga menjanjikan teknologi baru yang juga didukung dengan komponen baru, salah satunya adalah dukungan terhadap RAM DDR4.

Kesimpulannya, jika PC Anda masih berumur empat tahun atau lebih muda, sebaiknya Anda menunda untuk beralih ke Skylake. Hal tersebut karena Anda harus mengganti banyak komponen selain prosesor, mulai dari motherboard, hingga RAM.

Namun ceritanya akan berbeda jika PC Anda telah berumur lebih dari empat tahun atau Anda berencana membeli sebuah PC baru karena Skylake menyimpan potensi yang belum dapat dieksploitasi untuk saat ini.


(ABE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA