Puluhan Ilmuwan Puji Obama atas Perjanjian Nuklir Iran

Willy Haryono    •    Minggu, 09 Aug 2015 13:40 WIB
nuklir iran
Puluhan Ilmuwan Puji Obama atas Perjanjian Nuklir Iran
Presiden AS Barack Obama. (Foto: AFP / BRENDAN SMIALOWSKI)

Metrotvnews.com, Washington: Puluhan ilmuwan asal Amerika Serikat mengirimkan sebuah surat kepada Presiden Barack Obama atas pencapaiannya dalam perjanjian program nuklir Iran yang disepakati di Wina pada Juli lalu. 

Surat dua halaman itu disusun oleh para ilmuwan, beberapa di antaranya adalah pakar nuklir dan peraih penghargaan Nobel. 

"Perjanjian Iran akan mendukung perdamaian dan keamanan di Timur Tengah serta dapat menjadi petunjuk untuk perjanjian-perjanjian lainnya di masa mendatang," demikian sepenggal kalimat dalam surat tersebut, seperti dilaporkan The New York Times, Sabtu (8/8/2015). 

"Isi perjanjian memiliki lebih banyak aturan ketat dibanding kerangka perjanjian sebelumnya," sambung surat itu. 

Ada 29 tanda tangan dalam surat ilmuwan itu. Beberapa di antara mereka adalah pemenang Nobel, yakni Leon Cooper dari Universitas Brown; David Gross dari Universitas California; Burton Richter dari Stanford dan Frank Wilczek dari MIT. 

Grup P5+1, yang terdiri dari Inggris, Prancis, Jerman, Rusia, Tiongkok dan AS, menyepakati perjanjian nuklir Iran. Tujuan perjanjian ini adalah memastikan Iran tidak membuat senjata nuklir. Sebagai gantinya, sejumlah sanksi ekonomi yang diterapkan kepada Iran dicabut. 



(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA