Rupiah Lemah, OJK Minta Perbankan Optimalkan Potensi Ekonomi

Husen Miftahudin    •    Minggu, 09 Aug 2015 14:34 WIB
kurs rupiah
Rupiah Lemah, OJK Minta Perbankan Optimalkan Potensi Ekonomi
Rupiah MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad meminta kepada industri perbankan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dalam negeri. Hal Ini dilakukan sebagai antisipasi pelemahan nilai tukar rupiah yang semakin terjerembab ke angka Rp13.500 per dolar Amerika Serikat (USD).

"Kita fokus saja kepada opportunity yang ada, sehingga dengan demikian bank bisa lebih fokus untuk mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada sekarang. Terutama yang berbasis dalam negeri, saya kira potensinya masih sangat besar," ujar Muliaman ditemui dalam Peringatan HUT Pasar Modal ke 38 di Lobby Gedung BEI, Kawasan SCBD, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-52, Jakarta Pusat, Minggu (9/8/2015).

Meskipun begitu, ia menilai, industri perbankan nasional masih mampu mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah saat ini. Hal ini diketahui melalui hasil stress test rutin yang dilakukan OJK sebagai pengujian ketahanan industri perbankan terkait nilai tukar rupiah di level tertentu.

"Setiap hari kita lakukan stress test. Hasilnya? (Perbankan) tidak ada masalah dan masih kuat (terhadap pelemahan rupiah)," tegas Muliaman.

Melansir data Bloomberg pada penutupan akhir pekan, Jumat (7/8/2015), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.541 per USD. Sementara menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.550 per USD. Sedangkan menurut Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.536 per USD.



(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA