Mantan Ibu Negara Korsel Gagal Temui Kim Jong-un

Willy Haryono    •    Minggu, 09 Aug 2015 15:02 WIB
kim jong-un
Mantan Ibu Negara Korsel Gagal Temui Kim Jong-un
Lee Hee-ho, mantan ibu negara Korsel, melambaikan tangan ke awak media di bandara Gimpo, Seoul, Korsel, Rabu (5/8/2015). (Foto: AFP / YONHAP)

Metrotvnews.com, Seoul: Mantan Ibu Negara Korea Selatan Lee Hee-ho gagal menemui Kim Jong-un di Korea Utara dan kembali pulang ke Seoul, Sabtu (8/8/2015). 

Peraih penghargaan Nobel Perdamaian itu mengunjungi Korut selama empat hari tanpa bertemu dengan pemimpin muda Korut. 

Lee mengatakan kepada awak media dirinya tidak mengusung misi resmi pemerintah Korsel ke Korut. Selama kunjungannya, ia mengaku tidak dihubungi Kim. Padahal, lee sudah menyampaikan pesan kedatangannya ke sejumlah petinggi Korut. 

Dalam daftar kunjungan yang diterima media, Lee mengunjungi sebuah klinik bersalin, panti asuhan dan rumah sakit anak-anak di Korut. Ia tidak bertemu dengan satu pun pejabat Korut. 

Kunjungan Lee ke fasilitas anak di Pyongyang diakuinya sebagai sesuatu yang emosional. "Warga Korea tidak perlu menyambung rasa sakit ini ke generasi selanjutnya," tutur Lee, seperti dilansir Associated Press

Hubungan Korsel dan Korut memburuk setelah dibukanya kantor perwakilan PBB di Seoul. Tugas PBB di kantor itu adalah mengawasi situasi kemanusiaan di Korut. 

Sebelum meninggalkan Pyongyang, Lee berharap kunjungannya dapat membuka jalan untuk hubungan yang lebih baik antar Korsel dan Korut. 


(WIL)