Triawan Munaf Tak Heran Band Indonesia Mendunia

Agustinus Shindu Alpito    •    Minggu, 09 Aug 2015 15:06 WIB
musik indonesia
Triawan Munaf Tak Heran Band Indonesia Mendunia
Triawan Munaf (Foto:Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Belakangan, makin banyak musisi Indonesia yang tampil di luar negeri. Panggung yang dijajal pun tidak main-main, yaitu festival musik besar berskala global.

Burgerkill, misalnya.  Band cadas asal Bandung itu tampil di Wacken Open Air Festival 2015, Jerman, dan festival musik Bloodstock 2015, Inggris.

Untuk festival Bloodstock, band cadas Indonesia lainnya, Jasad, ikut tampil sebagai peserta. Selain itu, ada pula Killing Me Inside yang tampil di Busan Rock Fesival 2015 di Korea Selatan.

Kabar lainnya, band rock & roll asal Bandung, The Changcuters, akan tampil di ajang Summer Sonic 2015 di Jepang yang digelar pada 15-16 Agustus mendatang.

Ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, mengaku tidak heran melihat fenomena ini. Baginya, bukan hal yang mengagetkan bila musisi Indonesia bersanding dengan musisi dunia.

"Sekarang sudah zaamannya borderless, enggak aneh (musisi Indonesia tampil di luar negeri). Bukan hal aneh seperti dulu, memang hebat tapi sudah sewajarnya. Sama seperti kita terhadap orang luar negeri," kata Triawan saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa saat lalu.

Triawan yang pernah menjajal karier sebagai musisi saat bersama band Giant Step itu menceritakan betapa berbedanya kesempatan yang dimiliki musisi era sekarang bila dibandingkan era 1970 hingga 1980-an.

"Dahulu (sulit mendapatkan alat musik), saya ingat synthesizer yang saya punya itu yang  pertama kali masuk (Indonesia). Dahulu merasa hebat. Sekarang apa yang tidak bisa dimiliki orang? Semua bisa didapatkan dengan mudah," cetus ayahanda penyanyi Sherina Munaf itu.


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA