Pemenang Pilgub Bali Diumumkan 26 Mei

- 22 Mei 2013 22:42 wib
Ilustrasi--ANTARA/Satya Bati/fz
Ilustrasi--ANTARA/Satya Bati/fz

Metrotvnews.com, Denpasar: Rekapitulasi hasil perolehan suara Pilgub Bali kini memasuki tahap pleno di KPU kabupaten/kota se-Bali yang rencananya akan diplenokan, Kamis (23/5). 

Setelah itu pleno rekapitulasi perhitungan suara dilanjutkan di KPU Bali pada Minggu (26/5) sekaligus pengumuman dan penetapan pemenang.

"Besok  pleno akan digelar serantak di seluruh kabupaten/kota se-Bali. Selanjutnya tanggal 24 kami akan rapat koordinasi persiapan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di KPU Bali dan penetapan pemenang Pilgub Bali yang yang kami rencanakan tanggal 26 Mei penetapannya ," kata Raka Sandi saat ditemui di kantor KPU Bali, Rabu (22/5).

Terkait pleno yang digelar di KPU kabupaten/kota se-Bali pada Kamis (23/5), menurut Raka Sandi, dasarnya adalah pleno yang sudah digelar di tingkat kecamatan beberapa waktu lalu.

"Dasar acuan  pleno di kabupaten/kota dasarnya adalah pleno di tingkat kecamatan. Kami harapkan saksi membawa data yang dipegang untuk disinkronkan. Doakan semoga lancar dan tidak ada masalah apapun," kata dia.

Ketika ditanya apakah ada kemungkinan perubahan perolehan suara, Raka Sandhi mengatakan secara prinsip suara kandidat tidak bisa berubah lagi, kecuali terjadi human error lantaran kekeliruan menjumlahkan suara.

"Misalnya kandidat A memperoleh suara 10 di TPS Î’, tapi ditulis perolehan suaranya 15. Ini kan human error. Tapi suara perolehan masing-masing calon tidak bisa berubah. Di luar itu tidak boleh ada perubahan suara," kata Raka Sandi.

Lebih lanjut dikatakan, guna menindaklanjuti hasil rapat koordinasi KPU Bali dengan Forum komunikasi pimpinan kepala daerah beberapa waktu lalu,  KPU Bali akan menyelenggarakan persembahyangan bersama untuk pilgub damai dua hari sebelum penetapan pemenang. (Arnoldus Dhae)

()

PERISTIWA
HUKUM
METRO
DAERAH

Presiden Pilihan Kita Bersama Najwa Shihab (15)

10 Juli 2014 01:08 wib

Presiden Pilihan Kita, Rabu (09/07/2014): Hadir bersama Najwa Shihab yaitu ketua umum PKPI, Sutiyoso. Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. dan Ketua DPP PKB, Marwan Jafar.