Voli dan Tarik Tambang Meriahkan ASEAN Day Gathering di Korut

Willy Haryono    •    Minggu, 09 Aug 2015 17:25 WIB
korea utara
Voli dan Tarik Tambang Meriahkan ASEAN Day Gathering di Korut
Asean Day Gathering di Pyongyang, Korut, Sabtu (8/8/2015). (Foto: KBRI Pyongyang)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Tepat pada Hari Ulang Tahun ke-48 Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau ASEAN Day, Sabtu (8/8/2015) ASEAN Committee in Pyongyang (ACP) menyelenggarakan ASEAN Day Gathering di Lapangan Olahraga Kompleks Diplomatik, Munsu, Pyongyang, Korea Utara.
 
Acara diawali dengan kata sambutan oleh Duta Besar RI/Ketua ACP, Bambang Hiendrasto, dilanjutkan dengan menyanyikan bersama ASEAN Anthem (The ASEAN Way), kemudian pertandingan olahraga dan perlombaan, dan ditutup dengan makan siang bersama.
 
Dubes RI mengatakan, selain untuk merayakan ASEAN Day, acara ini juga dimaksudkan untuk memperkuat kesetiakawanan dan persahabatan serta meningkatkan hubungan dan kerja sama yang terpelihara baik selama ini antar kedutaan besar ASEAN yang merupakan satu keluarga besar ASEAN di Pyongyang.
 
Kegiatan bersama ini tidak hanya diikuti oleh para diplomat dan staf lokal serta keluarga yang berkewarganegaraan negara-negara ASEAN (Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia dan Vietnam), tetapi juga warga Korea Utara yang bekerja pada kelima kedutaan besar negara ASEAN.
 
Untuk lebih memeriahkan acara,  tim voli ASEAN bertanding melawan tim Korea Utara. Begitu pula tim tarik tambang ASEAN yang  berjumlah 16 orang, termasuk para dubes ASEAN, "adu otot" dengan tim Korea Utara dengan jumlah peserta yang sama.
 
Pada pertandingan voli, masing-masing tim menurunkan 5 pemain putra dan 1 puteri, dan tim Korea Utara memenanginya dengan skor 2-0. Pada set pertama  tim Korea Utara menang dengan angka 25-9. Sementara itu, pada awal hingga pertengahan set kedua tim ASEAN mampu mengimbangi permainan tim Korea Utara dan beberapa kali terjadi permainan panjang dan perolehan angka saling menyusul. Namun akhirnya tim ASEAN harus mengakui keunggulan tim Korut yang bermain kompak dengan angka 25-20.
 
Pertandingan tarik tambang antara kedua tim berlangsung seru. Babak pertama dimenangi oleh tim Korea Utara, dan pada babak kedua tim ASEAN unggul. Setelah istirahat selama 3 menit, pertandingan dilanjutkan dengan babak ketiga. Pada babak penentuan ini, tim ASEAN dengan mengerahkan sekuat tenaga dan dengan menerapkan strategi khusus serta didukung teriakan para penggembira berhasil menaklukkan tim Korea Utara.
 
Pada acara keluarga ini, anak-anak tak ketinggalan ikut bergembira dengan mengikuti perlombaan, yaitu lari sambil menggigit sendok dengan bola pingpong di atasnya dan lari berpasangan dengan menjepit bola di punggung. Sementara itu, para wanita secara berpasangan berlomba memasukkan paku ke dalam botol.
 
Seusai pertandingan/perlombaan, para duta besar menyerahkan hadiah kepada para pemenang di lapangan olahraga yang mulai dibasahi rintik hujan.
 
Lapangan Olahraga Munsu yang terletak sekitar 300 meter dari Kedutaan Besar RI ini adalah fasilitas baru yang diresmikan pada 30 Juli yang lalu. Selain untuk voli, lapangan tersebut juga bisa digunakan untuk olahraga basket. Selain itu, terdapat pula lapangan tenis serta berbagai sarana/arena bermain untuk anak-anak (ayunan, perosotan dan lain-lain).
 
ASEAN Day Gathering tahun 2015 ini ditutup dengan makan siang bersama dengan hidangan yang disajikan oleh masing-masing kedutaan besar, yaitu ikan amok dan kue pisang (Kamboja), mie goreng seafood, garang asem ikan tenggiri, kue pastel, bolu kukus dan puding (Indonesia), aneka salad (Laos), nasi lemak dan kek gula hangus (Malaysia) dan shrimp roll (Vietnam).
 
Di bawah naungan tiga tenda besar dan hujan yang menyegarkan udara kota Pyongyang yang akhir-akhir ini terasa panas, keluarga besar ASEAN dan staf Korea yang berjumlah sekitar 100 orang dan anak-anak menikmati hidangan makan siang sambil bersilaturahmi, bercanda, dan membicarakan kegiatan bersama ke depan. Dirgahayu ASEAN! 


(WIL)