4 Langkah Mendukung Daya Saing Kelautan

Antara    •    Minggu, 09 Aug 2015 17:28 WIB
kelautan dan perikanan
4 Langkah Mendukung Daya Saing Kelautan
Ilustrasi Perikanan ANT/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan Achmad Poernomo menuturkan sekitar 80 persen dari sumber daya di sektor kelautan dan perikanan belum terjamah
dan belum dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut Achmad, ada empat strategi yang diperlukan guna mendukung optimalisasi inovasi iptek kelautan dan perikanan diperlukan untuk mendukung daya saing bangsa dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Pertama memperkuat kebijakan penelitian kelautan dan perikanan dengan indikator utama tersedianya agenda nasional penelitian dan penguatan kelembagaan penelitian,” kata dia di Jakarta, Minggu (9/8/2015).

Kedua meningkatkan ketersediaan sumberdaya untuk inovasi iptek kelautan dan rekayasa sosial dengan indikator meningkatnya anggaran riset kelautan dan perikanan, serta bertambahnya jumlah peneliti.

“Kita ingin tidak hanya kuantitas peneliti meningkat, tetapi karyanya seperti beragam publikasi dan paten serta termutakhirnya sarana penelitian tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ketiga, lanjutnya, memperkuat jaringan inovasi iptek kelautan untuk keterpaduan antar sektor dan memperkuat kesinambungan hulu-hilir dengan indikator meluasnya cakupan penelitian ke seluruh Indonesia yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan kompetensi.

"Dan, keempat, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hasil inovasi iptek nasional," kata Achmad.

Hal itu, menurut dia, dapat  dilakukan dengan membentuk lembaga advokasi dan inkubasi bisnis sehingga meningkatkan adopsi dan penerapan iptek nasional oleh pengguna baik masyarakat maupun industri.

 


(SAW)