Program Terangi 47 Pulau Terluar Diresmikan 20 Agustus

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 09 Aug 2015 18:23 WIB
listrik
Program Terangi 47 Pulau Terluar Diresmikan 20 Agustus
Gardu listrik MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah yakin program menerangi 47 pulau terluar Indonesia akan tetap terealisasi saat Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-70 mendatang. Rencananya program tersebut akan  diresmikan di Saumlaki, Maluku.

Direktur Jendral Ketenagalistrikan, Jarman mengatakan pemerintah akan tetap berkomitmen untuk mewujudkan program tersebut dengan meresmikannya 20 Agustus 2015 di Saumlaki, Maluku.

"Seusia dengan janji untuk menerangi 47 lokasi di perbatasan. Dan dan bisa diresmikan pada 17 Agustus di Saumlaki. Di Maluku," kata Jarman saat diskusi Energi Kita di Bumbu Desa, Jalan Raya Cikini, Jakarta, Minggu
(9/8/2015).

Meskipun demikian, Jarman mengatakan sampai saat ini baru menyelesaikan penerangan pada 43 titik pulau terluar. Namun, dirinya meyakini pemerintah bisa menyelesaikan 47 titik tersebut nanti saat Indonesia
berumur 70 tahun.

"Dari 47 lokasi. Status 43 lokasi sudah selesai. Mudah mudahan sisa nya bisa kelar dalam beberapa hari ke depan," ucap dia.

Dalam merealisasikan program ini, Jarman mengungkapkan tidak semudah membalikan telapak tangan. Pasalnya, banyak daerah di pulau terdepan dan di pulau terpencil yang susah diakses lokasinya.

Seperti empat lokasi yang belum selesai pembangunannya sampai saat ini, Jarman menjelaskan itu lantaran daerah yang susah dilalui transportasi serta kondisi daerah yang mengalami kekeringan.

"Solusinya kita pakai heli. Lalu di Papua masalahnya adalah jalan sulit dan jembatan rusak. Problemnya bahwa jalan menuju perbatasan rusak. Solusinya heli juga. Kita harapkan supaya janji pemerintah tercapai," pungkas dia.

 


(SAW)