Terdakwa Terorisme Thorik Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini

- 23 Mei 2013 09:26 wib
Thorik--Dok.Keluarga/bb
Thorik--Dok.Keluarga/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Terdakwa kasus terorisme Muhammad Thorik (32) alias Thorik alias Alex bin Sukara akan menjalani sidang tuntutan Jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (23/5). Thorik merupakan anggota jaringan teroris Depok dan Solo yang menyimpan bahan peledak di rumahnya di Tambora, Jakarta Barat.

"Hari ini sidang tuntutan Thorik pukul 09.00 atau 10.00," kata Jaksa Penuntut Umum Rini Hartatie saat dihubungi.

Sebelumnya, Thorik didakwa sebagai perakit bom. Dia dijerat pasal 15 Juncto Pasal 7 atau Pasal 15 Juncto Pasal 9 peraturan pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2002 yang telah ditetapkan menjadi UU No. 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme. Thorik terancam hukuman 15 tahun penjara.

Keterlibatan Thorik terungkap setelah bahan peledak di rumahnya di Jalan Teratai, Tambora, Jakarta Barat, tiba-tiba berasap pada September 2012. Saat tim Gegana mendatangi rumahnya, Thorik sudah melarikan diri.

Beberapa hari kemudian, Thorik menyerahkan diri ke Pos Polisi Jembatan Lima, Jakarta Barat. Dalam pelariannya, dia mengaku terlibat ledakan di Beji, Depok, Jawa Barat, 8 September 2012.

Thorik juga mengaku disiapkan sebagai eksekutor bom bunuh diri atau 'pengantin'. Bom rencananya diledakkan di Markas Korps Brimob Polda Metro, Kwitang, Jakarta Pusat; Pos Polisi di Salemba, Jakarta Pusat; Kantor Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, Mabes Polri, Jakarta Selatan; dan komunitas Masyarakat Buddha terkait konflik Rohingya di Myanmar.

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…