Tiga Alasan Pemerintah tak Boleh Impor Beras

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 10 Aug 2015 07:50 WIB
beras
Tiga Alasan Pemerintah tak Boleh Impor Beras
Ilustrasi pedagang beras--Antara/Zabur Zaruru

Metrotvnews.com, Jakarta: Impor beras memang menjadi salah satu pilihan pemerintah dalam mencegah terjadinya kekurangan pasokan beras. Namun, pemerintah mesti memperhatikan segala aspeknya untuk melakukan impor beras.

Anggota DPR Herman Khaeron mengatakan, DPR akan mengacu kepada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, di mana pemerintah dapat melakukan impor beras, jika memang produksi beras di Indonesia sudah tidak lagi memungkinkan.

"Pertama, padi masih bisa di produksi oleh petani Indonesia atau tidak, kalau bisa tidak boleh impor," kata Khaeron, dalam bincang pagi, Metro Tv, Senin (10/8/2015).

Kedua, pemerintah harus dapat memperkirakan dampak dari El Nino yang diprediksi akan terjadi di Indonesia ini. Jika memang El Nino akan bedampak kepada pasokan beras, maka pemerintah mesti mempertimbangkan melakukan impor beras. "Kalau pemerintah bisa menjamin sampai Desember ini (pasokan beras) cukup maka tidak boleh impor," lanjut dia.

Terakhir, pemerintah dapat memutuskan melakukan impor, jika memang pasokan beras sudah memasuki masa kritis. "Pemerintah harus melihan ini sudah dalam situasi krisis atau tidak. Kalau tidak, tidak boleh impor," tukas dia.

Khaeron mengatakan, tiga alasan tersebut juga menjadi acuan DPR dalam mempertimbangkan keputusan pemerintah melakukan impor beras kelak. "ini menjadi acuan kami, bagaimana situasi terkini, situasi terkini untuk menjaga keseimbangan (produksi beras)," pungkas dia.


(AZF)