Rupiah Masih akan Tergilas Dolar AS

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 10 Aug 2015 07:57 WIB
kurs rupiah
Rupiah Masih akan Tergilas Dolar AS
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan rupiah pada hari ini diperkirakan masih akan tertekan oleh mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

"Secara umum rupiah masih akan berada dalam tekanan tetapi mulai berkurang intensitasnya menyusul pelemahan dolar di pasar global," demikian seperti dikutip dalam hasil riset Samuel Sekuritas, Senin (10/8/2015).

Seperti diketahui, rupiah kembali melemah walaupun hanya tipis pada perdagangan Jumat pekan lalu. Kondisi tersebut terjadi di tengah tren dolar index yang mulai turun.

Sementara itu, sentimen negatif seperti masih rendahnya laporan pertumbuhan serta memburuknya harga komoditas diperkirakan menjadi penyebabnya. Sementara itu cadangan devisa kembali turun terutama dipicu semakin aktifnya intervensi BI di pasar valas.

"Tekanan pelemahan rupiah yang masih konsisten ke depan berpeluang terus menggerus cadangan devisa," jelas hasil riset tersebut.

Sekadar informasi, menurut data Bloomberg, Jumat (7/8/2015), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.541 per USD. Sementara menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.550 per USD. Sedangkan menurut Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.536 per USD.


(AHL)