Hari Veteran Nasional, Legiun Veteran Ziarah ke TMP Cikutra

Roni Kurniawan    •    Senin, 10 Aug 2015 10:30 WIB
veteran
Hari Veteran Nasional, Legiun Veteran Ziarah ke TMP Cikutra

Metrotvnews.com, Bandung: Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) berziarah ke Tempat Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Cikutra, Kota Bandung, Senin 10 Agustus. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional ke-60.

11 Agustus ditetapkan sebagai Hari Veteran Nasional. LVRI pun memperingati dengan menaburkan bunga dan mengirimkan doa untuk pejuang yang gugur saat perang melawan penjajah Belanda dan Jepang. Meski sudah renta dan menggunakan tongkat, sejumlah legiun tampak khidmat membaca doa.

Ketua LVRI Kota Bandung Soedirman mengatakan ziarah ke TMP Cikutra ini merupakan kegiatan pertama sepanjang peringatan Hari Veteran Nasional. Ini guna menghormati jasa-jasa rekan seperjuangan yang lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa.

"Kita datang ke sini memperingati Hari Veteran Nasional dan sebagai penghormatan kita kepada teman-teman yang sudah pergi. Karena perjuangan mereka membela bangsa ini harus kita hormati," kata Soedirman di TMP, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (10/8/2015).

(Foto: Ketua LVRI Kota Bandung Soedirman/MTVN_Roni Kurniawan)
Pantauan Metrotvnews.com, ada sekitar 150 orang legiun veteran yang berziarah ke TMP Cikutra. Usai menggelar upacara sederhana di lapangan TMP, mereka langsung menaburkan tabur bunga.

"Ir Suluh Humorot adalah salah satu teman kita waktu melawan para penjajah dari Belanda," kata Soedirman sambil menunjuk salah satu makam kepada awak media.


(TTD)