Atasi Kenaikan Harga, Polri Selidiki Pelaku Usaha Pangan

Intan fauzi    •    Senin, 10 Aug 2015 10:58 WIB
pangan
Atasi Kenaikan Harga, Polri Selidiki Pelaku Usaha Pangan
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti--Foto: Antara/Widoso S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Bencana kekeringan yang melanda Indonesia membuat harga sejumlah pangan melambung. Untuk mengatasi hal itu, Polri akan meneliti dan mencari penyebab masalah tersebut.

"Tugas kami terkait kenaikan harga kelangkaan bahan pangan tentu kita melakukan penelitian, dimana sebetulnya ada kekurangan atau mungkin ada penyimpangan. Itu yang harus dilakukan aparat kepolisian," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2015).

Badrodin mencurigai adanya permainan pelaku usaha, terutama dalam hal prosedur impor. Permainan tersebut merugikan negara, sehingga membuat ketergantungan impor pangan.

"Termasuk juga masalah terkait prosedur-prosedur impor, karena ada satu ulah para pelaku usaha yang membuat kita ketergantungan pada impor. Dibuat sedemikian rupa sehingga produk dalam negeri mati. Kita harus lakukan tindakan pada pelaku usaha yang melakukan usaha-usaha tidak sehat," terangnya.

Polisi, kata Badrodin, akan menyelidiki modus yang digunakan para pelaku usaha. "Kalau terjadi kenaikan harga harus dilakukan penelitian baik produksinya. Kemudian masalah penimbunan, ada juga pengusaha yang sengaja menimbun yang melanggar Undang-Undang Pangan Pasal 133 dan melanggar Undang-Undang Perdagangan," kata Badrodin.


(MBM)