Skateboard Elektrik pun Dapat Di-hack

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 10 Aug 2015 11:49 WIB
security
Skateboard Elektrik pun Dapat Di-hack
Tidak hanya mobil, skateboard elektrik pun kini dapat di-hack (foto: Slash Gear)

Metrotvnews.com: Kemajuan di bidang teknologi selalu membawa sisi positif dan negatif. Salah satu sisi negatifnya adalah kian maraknya aksi peretasan (hacking) di berbagai lini, mulai dari mobil yang dapat dibajak, hingga sistem keamanan sidik jari ponsel dan laptop yang dapat dicuri.

Aksi peretasan pun dapat menyebar ke berbagai lini teknologi lainnya. Salah satu yang baru-baru ini ditemukan adalah skateboard elektrik yang ternyata juga dapat diretas.

Celah keamanan pada skateboard elektrik baru-baru ini ditemukan dan dikembangkan Richo Healey dan Mike Ryan. Celah keamanan tersebut secara tak sengaja ditemukan Healey ketika ia mengendarai sebuah skateboard elektrik miliknya. Ketika itu tiba-tiba skateboard-nya berhenti dan Healey pun terjatuh. Setelah diteliti, ternyata gangguan dari sinyal Bluetooth di sekitarnya menjadi penyebab. 

Healey kemudian dibantu Ryan mulai mengembangkan software untuk mereplikasi keadaan tersebut. Hasilnya, duo programmer tersebut berhasil menciptakan sebuah software yang mampu mengendalikan berbagai skateboard elektrik. Healey dan Ryan pun telah mencoba berbagai skateboard elektrik dalam eksperimennya, dan semuanya terbukti dapat diretas dengan software tersebut.

Meskipun terlihat jauh lebih sepele dari peretasan kepada mobil ataupun ponsel, peretasan terhadap skateboard elektrik membuktikan bahwa berbagai perangkat digital, terutama perangkat internet of things (IoT), saat ini sangat rentan terhadap aksi peretasan.

Healey dan Ryan pun berencana untuk membawa program mereka ke acara Def Con di Las Vegas dengan harapan dapat membantu memberikan perkembangan keamanan pada perangkat digital lainnya. (Slash Gear)


(ABE)