Peneliti Buat Benang dari Tulang Hewan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 10 Aug 2015 12:06 WIB
teknologi
Peneliti Buat Benang dari Tulang Hewan
Peneliti Swiss temukan cara buat benang dari bahan kolagen hewan (foto: Slash Gear)

Metrotvnews.com: Kebutuhan sandang atau pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia yang tak dapat tergantikan. Selama ini, kebutuhan sandang dipenuhi para produsen benang yang membuat benang dari kapas dan bahan-bahan tekstil lainnya.

Mengambil konsep yang berbeda, sekelompok ilmuwan dari kota Zurich di Swiss baru-baru ini berhasil membuat benang dari berbagai produk limbah dari tempat pemotongan hewan.

Limbah yang terdiri-dari tulang, kulit dan organ-organ hewan lainnya yang tidak akan dikonsumsi tersebut ternyata dapat diubah menjadi sekumpulan benang yang diklaim lebih halus dari benang biasa. Benang dari limbah tempat pemotongan hewan tersebut dibuat dengan metode khusus yang melibatkan proses pengolahan bahan-bahannya menjadi sebuah kolagen yang akhirnya dapat diperkeras dan diubah menjadi benang.



Tidak hanya sampai disitu, para peneliti tersebut juga berhasil menciptakan sebuah mesin khusus yang dapat mengolah limbah tempat pemotongan hewan tersebut menjadi benang dalam waktu beberapa jam saja.

Sayangnya, benang tersebut masih belum sempurna karena dapat terurai ketika terkena air. Untuk mencegah terurainya benang tersebut ketika terkena air, para peneliti berencana untuk menambahkan sebuah bahan kimia khusus yang akan memperkuat benang dari kolagen hewan tersebut. (Slash Gear)


(ABE)