Pedagang Mogok Massal, DKI Jual Daging Rp 85 Ribu per Kilogram

Wanda Indana    •    Senin, 10 Aug 2015 12:42 WIB
daging
Pedagang Mogok Massal, DKI Jual Daging Rp 85 Ribu per Kilogram
Pedagang daging menjajakan barang dagangannya. (Foto: Antara/Irwansyah Putra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar operasi (OP) pasar untuk menekan harga daging di Ibu Kota yang sudah menembus angka Rp120 ribu per kilogram.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, OP daging akan dilakukan oleh PD Dharma Jaya dan PD Pasar Jaya. Harga daging dijual di bawah harga pasar, sekira Rp85 ribu per kilogram.
 
"Kami sudah siapkan (daging sapi) Rp 85 ribu per kilogram. Jujur saja, stoknya sedang kami siapkan," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Meredeka Selatan, Senin (10/8/2015).
 
Selain Pemprov DKI, OP daging juga dilakukan Kementerian Perdagangan dan Badan Urusan Logistik (Bulog). Harga daging diharapkan segera stabil.
 
Ahok berambisi menguasai harga pasar dengan menjual daging murah di Ibu Kota. "Masalah daging ini seperti kartel, kita tidak bisa buktikan. Tapi kalau kita pegang 20-30 persen pasar, tahun depan harga daging bisa kita kontrol, akan makin baik kita," ujarnya.
 
Menurutnya, pengendalian harga daging selama Ramadan dan Idul Fitri cukup berhasil. Namun ia menyayangkan harga daging sapi naik usai Lebaran. "Spekulan yang main selama Ramadan dan Lebaran berhasil kita habisin. Tapi muncul lagi kebutuhan dan kita belum begitu siap," katanya.
 
Seperti diketahui, pedagang daging sapi di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Serang, dan kota-kota lain sepakat melakukan mogok jualan karena memprotes kebijakan pemerintah yang membatasi impor sapi.
 
Aksi mogok dilakukan sejak Minggu 9 Agustus hingga Rabu 12 Agustus mendatang, dan kemungkinan diperpanjang bila belum ada solusi dari pemerintah. Alasan mogok karena para pedagang mengalami kerugian akibat minimnya pasokan daging.
 
Sementara itu, Bulog melakukan operasi di tiga pasar di Jakarta dengan menjual daging sapi Rp 89 ribu per kilogram - Rp 90 ribu per kilogram. Harga tersebut jauh lebih rendah dari harga rata-rata daging sapi di pasaran saat ini sebesar Rp 120 ribu per kilogram - Rp 140 ribu per kilogram.


(FZN)