Ahok: Kelihatan Ada yang Ingin Menjatuhkan Scania

Wanda Indana    •    Senin, 10 Aug 2015 12:43 WIB
transjakarta
Ahok: Kelihatan Ada yang Ingin Menjatuhkan Scania
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)--MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, tidak ada masalah dalam pengujian KIR bus Scania. Dia menilai ada oknum di Balai KIR sengaja mencari kesalahan terkait data spesifikasi bus.

"(KIR) Scania itu enggak ada masalah. Ini saya justru mulai suudzon. Keliatan ada orang-orang yang ingin menjatuhkan Scania. Makanya saya sedang mau teliti Kepala UJI KIR ini ada maksud apa?" kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/8/2015).

Ahok mengatakan, banyak pejabat di Dinas Perhubungan DKI tidak suka soal pergantian Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) baru, Andri Yansyah. Andri bukan dari dinas yang sama. Namun, kali ini Ahok mengganti Kadishub DKI dari kalangan birokrat.

"Karena banyak sekali barisan sakit hati di Dishub. Orang (Dinas) Perhubungan dipimpin orang yang bukan Dishub," ungkap dia.

Bahkan, tegas Ahok, tidak jadi masalah apabila terjadi kesalahan informasi terkait KIR bus, asalkan pihaknya tidak salah memilih kualitas bus. "Sekarang saya tanya deh, lebih baik kesalahan urus administrasi atau lebih baik busnya. Kamu mau naik dan pilih yang kebakar, tapi administrasi ditulisnya bener atau yang busnya sudah teruji tapi KIR-nya salah? Ini gak ada yang salah kok," tuturnya.

Ahok membenaran data dalam stiker KIR bus buatan Swedia itu tertulis bahwa kapasitas bus hanya 39 orang. Kata Ahok, tidak ada bus yang memiliki jumlah tempat duduk sebanyak 111 kursi.

"Menurut saya ini orang iseng. Mana ada sih bus yang 111 kursi. Emang kereta api? Pakai logika saja gitu, pasti yang dimaksud itu kursi, kalau tempat duduk ya tinggal bagi saja, dia grosnya berapa. Misalnya 26 ton, netnya berapa, 17 (ton), ya tinggal kurangin, itu bagi rata-rata orang 60-70 kilo ya dapatlah misalnya 120 orang atau 110 orang. Ya sudah orangnya di mana, ya berdiri. Kecuali tulisan busnya enggak boleh berdiri. Ya kursi pasti cuma 30-an," pungkas Ahok kesal.


(YDH)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA