Menkopolhukam Berharap Ada Perkembangan di Tujuh Daerah Calon Tunggal

Dheri Agriesta    •    Senin, 10 Aug 2015 13:41 WIB
pilkada serentak
Menkopolhukam Berharap Ada Perkembangan di Tujuh Daerah Calon Tunggal
Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno,--Foto: Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno berharap ada perkembangan di tujuh daerah yang memiliki calon tunggal dalam pilkada serentak. Tedjo menyebut peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) adalah pilihan terakhir.

Tedjo mendengar beberapa partai politik berkoalisi untuk mengusung pasangan calon kepala daerah di Surabaya. Hal yang sama juga diharapkan di daerah lainnya, terutama Pacitan.

"Saya dengar ada yang mengajukan dari Demokrat, PAN, segala macam. Mudah-mudahan ada perkembangan dalam waktu dekat, terutama dari Pacitan juga," kata Tedjo usai menghadiri perayaan ASEAN Day di Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamaraja, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2015).

Perppu merupakan senjata pamungkas yang akan digunakan pemerintah jika kondisi sangat genting. Karena itu, pemerintah masih terus memperhatikan perlu atau tidaknya Perppu itu dikeluarkan.

"Tergantung perkembangan, kita akan menilai apakah menimbulkan kegentingan. Kalau tidak, ya tidak. Tapi soal Perppu, ini paling akhir, mungkin tidak dikeluarkan," tambah Tedjo.

Tedjo menjelaskan, pemerintah selalu menyiapkan berbagai opsi. Termasuk menyiapkan draf perppu terkait calon tunggal.

Meski telah siap, tak berarti perppu akan diterbitkan. Tedjo pun optimistis ada perubahan signifikan di tujuh daerah yang masih memiliki calon tunggal itu.

"Perppu itu, apa pun ya, kita siapkan. Diminta kita serahkan, tidak diminta kita simpan. Saya optimis ada perubahan yang signifikan," tandas mantan KSAL itu.


(MBM)