7 Emosi Negatif yang Mempengaruhi Kehidupan

   •    Senin, 10 Aug 2015 13:44 WIB
keluarga
7 Emosi Negatif yang Mempengaruhi Kehidupan
Ilustrasi (Foto: counsellingrx.com)

Metrotvnews.com: Emosi negatif akan merusak hidup Anda, di mana hidup Anda akan menjadi sengsara jika Anda tidak tahu bagaimana mengontrol emosi Anda pada waktu yang tepat.

Seringkali, pikiran negatif yang dihasilkan merupakan bagian dari kesepian, ketidakamanan, kegagalan atau kecemasan.

Tapi, Anda harus menyadari bahwa ada emosi negatif tertentu dalam hidup yang bisa merusak hidup Anda. Berikut di antaranya.

1. Cemas
Kecemasan adalah kata yang umum saat ini. Salah satu masalah utama emosi negatif ini adalah bahwa Anda tidak akan dapat menemukan alasan di balik itu. Hal disebabkan karena beberapa peristiwa, tempat atau bahkan orang lain. Kecemasan berawal dari ketakutan tanpa alasan yang bisa merusak hidup Anda.

2. Amarah
Salah satu emosi negatif yang paling sering terlihat, di semua kelompok umur dari anak-anak hingga orang dewasa adalah amarah. Kemarahan adalah emosi alami, tetapi ketika menjadi tak terkendali, hal itu mempengaruhi kehidupan menjadi lebih buruk lagi. Pastikan bahwa Anda mengambil inisiatif untuk mengendalikan emosi Anda.

3. Kebencian
Kebencian berarti tidak suka terhadap sesuatu secara ekstrem. Menurut psikolog, emosi kebencian adalah salah satu emosi yang paling bertahan lama. Memelihara kebencian dalam hidup Anda tidak akan membuat hidup Anda lebih mudah, malah membuat Anda selalu merasa dihantui oleh berbagai macam hal.

4. Perasaan bersalah
Nuansa bersalah adalah pikiran negatif lain yang merusak kehidupan. Biasanya orang yang melakukan tindakan yang salah mungkin menyesal dan terus merasa bersalah dan malu untuk waktu yang lama. Menyadari kesalahan dan mengoreksinya adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan.

5. Depresi
Depresi kini telah menjadi masalah umum di semua kelompok umur. Ini adalah mood swing yang membuat Anda merasa putus asa atau tidak berharga. Pikiran negatif dalam hidup hanya akan membuat Anda menjadi orang yang negatif. Jadi, pastikan Anda selalu positif agar terhindar dari masalah depresi.

6. Cemburu
Apakah Anda orang yang mudah cemburu atau iri hati? Jika iya, ketahuilah bahwa ini adalah emosi alami, namun bisa menjadi masalah ketika itu mulai mempengaruhi hidup Anda. Contohnya, ketika Anda begitu kesal karena iri dengan prestasi orang lain sedangkan Anda tidak mampu meraihnya. Hasilnya, kehidupan Anda akan selalu dibayang-bayangi oleh orang tersebut dan Anda tidak bisa bahagia.

7. Curiga
Kecurigaan adalah emosi yang umum, tetapi akan berubah menjadi masalah ketika Anda mulai meragukan semua orang dan segala sesuatu. Saat ini curiga telah menjadi salah satu alasan umum untuk sebuah perceraian dan kata putus cinta.

Hindarilah semua emosi-emosi di atas. Bukannya membuat Anda bahagia, emosi ini malah membuat Anda semakin menderita. Jadilah orang yang selalu positif akan semua hal dan mudah memaafkan orang lain agar hidup Anda selalu bahagia. (Sumarni/ Boldsky)


(AWP)