Pilkada Serentak

Ada Potensi Bakal Calon Kepala Daerah Tunggal Bertambah

M Rodhi Aulia    •    Senin, 10 Aug 2015 14:28 WIB
pilkada serentak
Ada Potensi Bakal Calon Kepala Daerah Tunggal Bertambah
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengakui ada potensi bakal calon kepala daerah tunggal bertambah. Tercatat sekitar 80 daerah hanya memiliki dua pasang bakal calon kepala daerah.

Jika salah satunya tidak memenuhi syarat, artinya daerah tersebut hanya diikuti sepasang calon kepala daerah.

"Ada 80-an daerah yang memiliki dua pasangan calon. Baru satu daerah yang ketahuan tidak memenuhi persyaratan," kata Tjahjo di gedung Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

I Ketut Suwandhi-I Made Arjaya, mundur sebagai calon wali kota dan wakil wali Kota Denpasar, Bali, dengan dalih tidak mendapat restu keluarga.

(Klik: Pilkada Bali 'Mendadak' Punya Calon Tunggal)

Tjahjo mengaku belum bisa mengambil keputusan jika besok di hari terakhir pendaftaran tetap ada daerah yang hanya ada satu pasangan calon. Tjahjo menegaskan, fenomena calon tunggal itu bukan kesalahan pemerintah, KPU, atau partai politik.

Menurutnya, ketiga institusi itu sangat berharap agar 269 daerah dapat menggelar pilkada serentak tahun ini. Partai politik sejatinya sudah mengajukan calon, namun semua tergantung persyaratan dan mekanisme serta penjajakan koalisi partai di masing-masing daerah.

(Klik: Pilkada Ditunda, Jika di Tujuh Daerah Tetap Hanya Calon Tunggal)

Tjahjo berjanji akan duduk bersama dengan pihak yang berkepentingan untuk menentukan nasib daerah yang gagal ikut pilkada serentak tahun ini. "Dua hari lagi akan kami putuskan. Opsi peraturan pemerintah pengganti undang-undang menjadi yang terakhir," ungkap dia.


(TRK)