Hari Kedua Perpanjangan Masa Pendaftaran, KPU Kota Surabaya Masih Sepi

Amaluddin    •    Senin, 10 Aug 2015 14:38 WIB
pilkada serentak
Hari Kedua Perpanjangan Masa Pendaftaran, KPU Kota Surabaya Masih Sepi
Foto: Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Hari kedua perpanjangan masa pendaftaran calon kepala daerah, belum ada tampak calon pesaing pasangan incumbent Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana hadir di kantor KPU Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin 10 Agustus.

Pantauan Metrotvnews.com, kantor KPU Kota Surabaya di Jalan Adityawarman, masih sepi. Sejumlah petugas masih menunggu bakal calon wali kota Surabaya mendaftarkan diri. Hingga saat ini, hanya Risma-Wisnu yang sudah ditetapkan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

Sementara itu, Koalisi Majapahit (KM) yang terdiri dari enam partai politik yakni Partai Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PKS, dan PKB belum juga mendaftarkan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya yang akan diusung pada Pilkada serentak 2015. Perwakilan KM memilih abstain dan tidak akan mendaftarkan calonnya selama perpanjangan masa pendaftaran ini.

KM beralasan perpanjangan masa pendaftaran yang mengacu pada Surat Edaran KPU RI Nomor 449/KPU/VIII/2015 tentang perpanjangan pendaftaran pasangan calon rekomendasi dari Bawaslu itu dinilai cacat hukum. "Terbitnya surat edaran itu tidak memiliki kekuatan hukum. Hal itu muncul hanya formalitas," kata Ketua Pokja Koalisi Majapahit, AH Thony, beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin mengaku tidak ambil pusing jika memang tidak ada calon pesaing pasangan petahana. "Kami enggak repot-repot. Kalau memang enggak ada ya mau gimana lagi. Kami juga sudah sosialisasi. Sampai saat ini kami juga belum mendapat bocoran adanya calon," kata Robiyan di kantor KPU Kota Surabaya, Senin (10/8/2015).

Seperti diketahui, Kota Surabaya merupakan satu dari tujuh daerah yang mendapat perpanjangan masa pendaftaran calon kepala daerah. Sebab ketujuh daerah itu baru memiliki sepasang calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada serentak. Perpanjangan masa pendaftaran calon kepala daerah itu berlaku pada 9-11 Agustus 2015.

Hingga saat ini calon petahana Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana belum juga mendapatkan pesaing pada Pilkada serentak Desember mendatang. Akibatnya, Pilkada serentak di Surabaya 2015 terancam mundur hingga 2017.


(TTD)