Pedagang Sapi Kosong, Hanya Tersisa Kambing dan Ayam

Husen Miftahudin    •    Senin, 10 Aug 2015 14:43 WIB
sapi
Pedagang Sapi Kosong, Hanya Tersisa Kambing dan Ayam
Kosongnya Kios Penjualan Sapi di Pasar Kramat Jati MTVNHoesen

Metrotvnews.com, Jakarta: Mogok berjualan para pedagang daging sapi terus berlanjut. Di hari kedua mogok, terlihat para pedagang daging sapi di Pasar Kramat Jati sepi dari aktivitas jual-beli seperti biasanya.

Salah satu pedagang buah yang ada di Pasar Kramat Jati, Tarti (49), membenarkan mogoknya para pedagang daging sapi dari aktivitas jual beli sudah terjadi selama dua hari. Ini karena harga daging sapi di Pasar Kramat Jati sudah menembus angka hingga Rp140 ribu per kilogram (kg).

"Tukang daging semua tutup, sudah dua hari. Karena harga sudah Rp130 ribu-Rp140 ribu. Dari habis lebaran kemarin malah naik. Pada mogok. Yang belanja pada bingung," tutur Tarti di Pasar Kramat Jati, Jalan Raya Bogor Km 17, Jakarta Timur, Senin (10/8/2015).

Wanita paruh baya yang telah berjualan di Pasar Kramat Jati selama 10 tahun ini mengakui bahwa pedagang daging yang tersisa hanyalah pedagang daging kambing. Daging kambing yang dijual itu pun merupakan tetelan untuk sop.

"Kambing semua. Sapinya mogok. Itu juga hanya tetelan buat sop, tidak ada dagingnya," tukas Tarti.

Pantauan Metrotvnews.com, di Pasar Kramat Jati terdapat 20 kios daging sapi, enam kios daging kambing dan empat kios daging ayam. Kios daging sapi lumpuh total di pasar ini karena semuanya berhenti beroperasi, sedangkan kios daging ayam dan kambing tetap beroperasi.

Sementara itu, salah satu pedagang daging kambing Pasar Kramat Jati, Pery (30) mengungkapkan, mogoknya para pedagang daging sapi disebabkan karena semakin mahalnya harga daging sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal itu menyebabkan para pedagang daging sapi tak mendapatkan keuntungan, bahkan jika memaksa berjualan, pedagang justru akan merugi.

"Mereka pada mengeluh karena harganya yang mahal. Mereka bilang mending tak usah berdagang karena tidak ada untungnya. Ambil (daging sapinya) dari Pulogadung," pungkas Pery.


(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

2 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA