Cara agar Makanan Kemasan Tetap Aman Dikonsumsi

   •    Senin, 10 Aug 2015 17:35 WIB
kesehatan
Cara agar Makanan Kemasan Tetap Aman Dikonsumsi
Ilustrasi makanan dalam kemasan (Foto: bcsd.com)

Metrotvnews.com: Makanan kemasan memang sangat populer saat ini. Selain memudahkan, makanan instan sangat membantu untuk orang-orang yang cukup sibuk, yang tak punya cukup banyak waktu untuk menyiapkan makanan.

Tapi jika Anda tidak menyimpan makanan ini dengan benar atau memperhatikan dengan baik kemasannya, bisa jadi makanan kemasan berisiko buruk untuk kesehatan Anda.
 
Dan ini cara untuk memastikan makanan kemasan Anda tetap aman untuk dikonsumsi.
 
1. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa
Ketika Anda membeli makanan kemasan, pastikan Anda memeriksa tanggal kedaluwarsa produk. Jangan membeli produk yang sudah kedaluwarsa atau dekat dengan tanggal kedaluwarsa karena makanan tersebut bisa membuat Anda diare atau bahkan mungkin lebih parah lagi.
 
2. Periksa apakah ada kerusakan pada produk
Pastikan Anda membeli produk yang dikemas dengan baik dan tidak rusak dari setiap sisi, tidak ada kebocoran atau daerah terbuka pada kemasan makanan itu. Jika kemasannya bocor, maka produk itu tidak layak Anda konsumsi, sebab bisa jadi itu sudah tercemar.
 
3. Cuci tangan Anda
Kadang-kadang transfer kuman dapat berlangsung melalui tangan Anda, jadi pastikan Anda sudah mencuci tangan Anda dengan baik sebelum membuka kemasan makanan, dan pastikan tangan Anda kering. Ingat, kebersihan pribadi memainkan peranan penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.
 
4. Gunakan gunting
Gunakan gunting untuk memotong atau membuka kemasan dan pastikan gunting itu bersih dan kering. Karena jika tidak kering, produk tersebut akan lembab dan basah. Pada kondisi ini, Anda harus menggunakan semuanya tanpa tersisa. Karena makanan yang basah akan memancing mikro organisme untuk bersarang.
 
5. Simpan dalam wadah kedap udara
Setelah dibuka, simpan makanan dalam wadah kedap udara, untuk menjauhkan makanan dari kontak dengan udara langsung agar makanan tetap segar dan tidak terkontaminasi.
 
6. Gunakan sendok bersih
Makanan kemasan yang menyediakan sendok harus dicuci dan dibersihkan dengan baik sebelum digunakan. Sendok yang sudah dipakai banyak mengandung kuman yang bisa membahayakan tubuh Anda.
 
7. Mengkonsumsi produk dalam jangka waktu yang ditentukan
Pastikan Anda mengkonsumsi produk dalam jangka waktu yang ditetapkan yang disebutkan pada kemasan. Malah Anda disarankan untuk memakannya sebelum tanggal kedaluwarsa. Jika sudah melewatinya, langkah terbaik adalah Anda harus membuang makanan tersebut.
 
8. Jauhkan dari sinar matahari langsung
Beberapa makanan bisa rusak jika terkena sinar matahari langsung atau suhu yang tinggi. Jadi, apabila Anda membeli produk makanan kemasan, pastikan untuk menghindari menyimpan tempat-tempat yang terkena paparan matahari langsung. (Sumarni/ Idiva)
(AWP)