TNI Minta Penembakan Tidak Mengaburkan Substansi Insiden Tolikara

Rudy Polycarpus    •    Senin, 10 Aug 2015 20:10 WIB
penyerangan
TNI Minta Penembakan Tidak Mengaburkan Substansi Insiden Tolikara
Warga Tolikara Gotong royong bersihkan Puing. Foto: Marcel Kelen/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah melakukan penyelidikan internal terkait peristiwa penembakan warga di Papua. Menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI Mayjen Endang Sodik, Kodam XVII/Cendrawasih yang punya kewenangan menyelidiki. 

"Penyelidikan internal sedang dilakukan untuk mengetahui siapa pelaku penembakan berkoordinasi dengan Polda setempat," ujar Endang saat dihubungi, Senin (10/8/2015).

Endang menegaskan, penembakan itu telah sesuai prosedur. Kondisi saat peristiwa terjadi mengharuskan TNI dan Polri yang berada di lokasi melakukan tindakan untuk membubarkan massa. TNI, kata dia, tak akan melindungi prajurit jika melakukan penembakan tanpa prosedur. Ia meminta masyarakat lebih melihat substansi dari peristiwa tersebut ketimbang penembakan itu.

"Bukan seolah-olah TNI/Polri menembak. Kan penembakan itu sesuai prosedur," cetusnya seraya menambahkan bahwa TNI menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kasus tersebut kepada Polri.

Ia justru menduga ada proxy war yang dilakukan oleh negara lain di Papua. Pasalnya, dinamika di Papua cukup tinggi sehingga rentan dimanfaatkan pihak asing yang memiliki motif tertentu di Bumi Cenderawasih.

Komnas HAM mengumumkan hasil investigasi mereka atas kasus Tolikara. Ada empat dugaan pelanggaran HAM ketika pembakaran berlangsung. Endang mengaku belum menerima hasil investigasi tersebut. "Kalau ada pasti kami pelajari."


(KRI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA