Chelsea Ajukan Banding Kartu Merah Courtois

Achmad Firdaus    •    Selasa, 11 Aug 2015 01:45 WIB
Chelsea Ajukan Banding Kartu Merah Courtois
Momen saat Thibaut Courtois diganjar kartu merah (Foto: AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)

Metrotvnews.com, London: Chelsea mengajukan banding atas kartu merah yang diterima Thibaut Courtois saat The Blues bermain imbang 2-2 melawan Swansea City pada laga pembuka Liga Primer Inggris 2015--2016, Sabtu lalu.

Pihak Chelsea merasa, kiper andalannya tersebut tidak pantas mendapatkan kartu merah lantaran mengganjal striker Swansea, Bafetimbi Gomis yang berujung penalti sehingga Chelsea gagal meraih kemenangan.

(BACA: Gomis Gagalkan Hasrat Chelsea Raih Kemenangan)

Chelsea akan mengajukan banding kepada Federasi sepak bola Inggris (FA) pada selasa hari ini. Harapannya, hukuman larangan satu pertandingan yang harus dijalani Courtois bisa dihapuskan.

Perjuangan Chelsea membela Courtois ini bisa dimaklumi. Pasalnya, pada laga kedua, Minggu nanti, Chelsea harus bertandang ke Etihad Stadium, kandang rival utamanya, Manchester City. Kehadiran Courtois di bawah mistar tentunya menjadi hal yang vital buat Chelsea.

Chelsea mendapatkan dukungan dari mantan wasit Liga Inggris, Mark Halsey. Dia menilai, wasit Michael Oliver telah mengambil keputusan yang keliru. Menurutnya, Courtois hanya mendapatkan kartu kuning.

"Hukuman penalti itu sudah jelas. Tapi soal kartu merah, itu merupakan keputusan yang sulit untuk Michael Oliver, seorang wasit muda bertalenta," ujar Halsey.

"Dia harus memutuskan apakah insiden tersebut benar-benar telah menggagalkan peluang bagus untuk mencetak gol. Ketika insiden tersebut terjadi, ia harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jarak insiden tersebut dengan gawang, kontrol bola Gomis, dan pemain belakang yang ada di dekat kejadian tersebut," lanjutnya.

"Dari pandangan saya, Gomis mengarahkan bola menjauhi gawang dan dia berlari ke arah samping gawang, dan di dekatnya ada Gary Cahill yang punya potensi untuk menutup pergerakannya," tandas Halsey seraya menjelaskan bahwa insiden tersebut tidak seharusnya diganjar kartu merah. (Goal)
(ACF)