Hari Ini, Ada Peluang Rupiah Kembali Menguat

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 11 Aug 2015 08:07 WIB
kurs rupiah
Hari Ini, Ada Peluang Rupiah Kembali Menguat
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan rupiah masih terpantau melemah hingga perdagangan kemarin. Namun demikian, sepanjang hari ini nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS ada peluang untuk menguat.

"Rupiah berpeluang menguat hari ini," demikian seperti dituturkan dalam hasil riset Samuel Sekuritas, di Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Hasil riset Samuel Sekuritas memaparkan jika dampak ke inflasi mungkin tidak terlalu besar, tetapi blunder kebijakan bisa menambah prespektif buruk terhadap pemerintah. Oleh sebab itu, pergerakan mata uang Garuda ini akan dipengaruhi oleh dua faktor dari eksternal dan internal.

"Dari domestik, selain perlambatan serta rendahnya realisasi anggaran sentimen negatif mulai dipicu oleh kenaikan harga daging sapi," tutur riset tersebut.

Adapun untuk faktor eksternal, pagi ini, kredit di Tiongkok yang naik juga bisa menambah sentimen positif di pasar Asia. Menurut mereka, rupiah bergerak mendatar tetapi masih dengan kecenderungan pelemahan. Dolar juga menguat di pasar Asia tetapi dengan tekanan yang lebih rendah.

"Harga minyak yang mulai naik berpeluang membantu mengurangi sentimen negatif di negara berkembang," pungkas riset tersebut.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

4 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA