Ingin Jadi Selebriti, Balotelli Sulit Selamatkan Karier Sepak Bolanya

Achmad Firdaus    •    Selasa, 11 Aug 2015 09:06 WIB
liga inggris
Ingin Jadi Selebriti, Balotelli Sulit Selamatkan Karier Sepak Bolanya
Mario Baloteelli (Foto: http://i2.manchestereveningnews.co.uk/)

Metrotvnews.com, London: Sempat digadang-gadang jadi salah satu pemain hebat, karier Mario Balotelli kini justru berada di titik terendah. Tak ada klub yang berlomba-lomba mendapatkan tanda tangannya.

Liverpool, klub yang saat ini memegang hak penuh kepemilikan Balotelli seakan tidak ingin lagi memilikinya. Manajemen Liverpool bahkan secara blak-blakan mengatakan ingin menjualnya. Sayangnya, hingga kini belum ada klub yang mau menampungnya.

Masa depan Balotelli makin tak jelas lantaran pada laga perdana Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, pelatih Brendan Rodgers tidak memasukkan dalam daftar skuat. Bahkan, nama Balo tak ada dalam list pemain cadangan Liverpool.

Karier Balotelli benar-benar menukik drastis. Ia yang dulu disebut-sebut bakal jadi pemain bintang, kini justru jadi pecundang. Akibat sikap tidak disiplin dan kontroversial yang kerap ditunjukkannya di luar lapangan, karier Balotelli kini dalam ancaman.

Paolo Di Canio, mantan pemain Lazio dan West Ham United coba menjelaskan apa yang terjadi pada Balotelli. Maklum, saat masih berkarier sebagai pemain, Di Canio juga terkenal sebagai pemain yang kerap melakukan tindakan kontroversial. Salah satunya adalah salam fasis yang dilakukannya pada derby Roma.

Menurut Di Canio, prestasi menurun Balotelli bukan karena dia tidak mendapatkan kesempatan menunjukkan performa, melainkan karena dia sendiri yang membuat kariernya meredup dengan segala aktifitasnya di luar lapangan.

"Saya berbicara dari kacamata seorang pelatih. Banyak pelatih coba mengubahnya. Roberto Mancini sudah seperti ayah baginya, tapi ketika sekarang Mancini kembali menukangi Inter, ia tidak mau bereuni dengan Balotelli. Begitu juga dengan Jose Mourinho. Jadi, sekarang ia tidak bisa bergantung pada orang lain," ujar Di Canio.

Di usianya yang masih 24 tahun, Di Canio menilai Balotelli masih punya kesempatan untuk memperbaiki kariernya. Syaratnya, ia harus mengubah sikap dan pandangannya soal sepak bola.

"Dia masih muda, secara fisik dia kuat dan seorang atlet yang luar biasa. Tapi, dia tidak pernah memanfaatkan potensi yang dimilikinya dengan benar," imbuhnya.

"Terkadang, dalam sepak bola Anda berpikir Anda hanya cukup menunggu bola dan membiarkan rekan Anda yang berlari. Tapi itu salah. Sepak bola adalah tentang pengorbanan, dan ikatan dengan rekan setim Anda," lanjut Di Canio.

"Itu tidak berarti harus bersama di luar lapangan, di dalam bar. Tapi menjadi murah hati di lapangan. Saya  berharap dia bisa kembali, tapi rasanya itu sangat sulit karena ia menghabiskan banyak waktu di media sosial. Sepertinya, dia menggunakan sepak bola untuk jadi selebriti, ketimbang sebaliknya," tutup Di Canio. (Football-Italia)



(ACF)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA