Intel Akan Boyong Prosesor Xeon ke Perangkat Portabel Sekelas Notebook

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 11 Aug 2015 10:24 WIB
intel
Intel Akan Boyong Prosesor Xeon ke Perangkat Portabel Sekelas Notebook
Prosesor Xeon mobile diharapkan dapat membantu para profesional untuk bekerja secara portabel (foto: Slash Gear)

Metrotvnews.com: Xeon merupakan keluarga prosesor besutan Intel yang biasanya digunakan di server atau workstation kelas atas dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan di dunia bisnis. Xeon juga kini banyak digunakan di workstation berbentuk desktop yang biasanya digunakan kalangan profesional yang membutuhkan performa lebih dari PC desktop biasa.

Penggunaan prosesor Xeon akan bertambah luas. Intel baru-baru ini mengatakan, mereka telah mengembangkan prosesor Xeon untuk perangkat portabel sekelas notebook.

Menurut Intel, saat ini, semakin banyak kalangan profesional yang membutuhkan kemampuan pemrosesan sekelas workstation dalam bentuk perangkat portabel. Kebutuhan tersebutlah yang membuat Intel merancang sebuah prosesor Xeon khusus untuk perangkat portabel bernama Intel Xeon E3-1500M. Prosesor Xeon portabel tersebut sudah menggunakan arsitektur Skylake, sehingga boleh dibilang bahwa ia merupakan prosesor generasi ke-6 dari Intel.

Berbeda dengan prosesor konsumen, prosesor Intel Xeon E3-1500M akan memiliki berbagai fitur khusus. Salah satunya adalah dukungan terhadap ECC memory yang dapat mendeteksi error pada sistem dan memperbaikinya secara otomatis.

Fitur lain seperti Intel vPro Technology juga akan hadir pada perangkat portabel yang menggunakan prosesor ini. Selain itu, perangkat portabel Xeon juga akan hadir dengan tiga port Thunderbolt, serta sertifikasi khusus untuk aplikasi profesional seperti CAD, engineering, dan aplikasi pembuat konten digital. (SLash Gear)


(ABE)