Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2015

Antara    •    Selasa, 11 Aug 2015 09:52 WIB
hari anak nasional
Presiden Jokowi Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2015
Presiden Jokowi--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Bogor: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2015. Acara tersebut digelar di halaman belakang gedung induk Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, (11/8/2015).

Puncak Peringatan HAN 2015 digelar mulai sekitar pukul 09.00 WIB. Tampak hadir sejumlah menteri Kabinet Kerja, antara lain Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menkominfo Rudyantara, Menteri ESDM Sudirman Said, Menkumham Yasona Laoly.

Selain itu juga ada Jaksa Agung M Prasetyo, Menlu Retno Marsudi, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Anies Baswedan. Juga tampak hadir istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla.

"Seluruh anak Indonesia adalah anak kita semua sehingga menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa untuk memastikan tidak ada diskriminasi dan kekerasan yang menimpa mereka," kata Menteri Yohana Yembise.

Menurut Yohana, cinta kasih, keramahan dan kepedulian terhadap seluruh anak harus dimulai dari kehidupan keluarga yang harmonis dan sayang terhadap anak.

Sebelumnya Ketua Panitia HAN 2015 Wahyu Hartomo menyebutkan tujuan peringatan HAN 2015 untuk mendorong kepedulian seluruh bangsa terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang optimal.

Hal itu dilakukan dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas. Keluarga juga didorong memiliki pengetahuan ketrampilan dan pemahaman komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Acara puncak diisi dengan penyerahan kacamata, penganugerahan kota layak anak dan sekolah ramah anak. Sekitar 2.500 anak akan mengikuti peringatan HAN 2015 yang mengambil tema wujudkan lingkungan dan keluarga ramah anak.


(YDH)