Menperin Awasi Peredaran Komponen Impor Kualitas Rendah

Husen Miftahudin    •    Selasa, 11 Aug 2015 09:56 WIB
impor
Menperin Awasi Peredaran Komponen Impor Kualitas Rendah
Menperin Saleh Husin. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin memberi apresiasi kepada pelaku industri automotif dan industri komponen automotif nasional karena telah melakukan investasi dan mempercayai prospek bisnis di Tanah Air. Langkahnya, selain memberi insentif dan menciptakan iklim investasi yang kondusif, pemerintah juga melakukan pengawasan ketat kepada produk impor yang berkualitas rendah.

"Sudah selayaknya kita memberi perlindungan pasar mereka (automotif) dari serbuan komponen impor yang kualitasnya dipertanyakan," ujar Saleh dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Pengawasan ini, jelas dia, selain demi kepentingan investasi juga untuk mempertahankan lapangan kerja di industri kendaraan bermotor dan perlindungan bagi konsumen.

"Untuk itu, kita menjaga pasar aftermarket dalam negeri yang sangat besar agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh industri komponen dalam negeri melalui pengketatan pengawasan beredarnya produk berkualitas rendah dari luar negeri," tegasnya.

Menurut Saleh, peluang terserapnya kendaraan bermotor dan komponen produk domestik dapat dioptimalkan dengan memenuhi kebutuhan produk automotif di lingkungan pemerintah maupun BUMN.

"Hal ini menjadi stimulan untuk menunjukkan produksi dalam negeri mampu mendukung kebutuhan nasional," pungkas Saleh.


(AHL)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

6 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA