Pemimpin Pemberontak Tewas, Situasi Timor Leste Stabil

Fajar Nugraha    •    Selasa, 11 Aug 2015 10:31 WIB
politik timor leste
Pemimpin Pemberontak Tewas, Situasi Timor Leste Stabil
Mauk Marouk (kiri) (Foto: Global Voices)

Metrotvnews.com, Dili: Pemimpin pemberontak Timor Leste Mauk Maruk dilaporkan tewas pekan lalu. Kondisi ini tidak mengganggu keamanan dan stabilitas politik Timor Leste.

Mauk Moruk dikenal sebagai lawan dari mantan Perdana Menteri Xanana Gusmao. Dia adalah pemimpin kelompok pemberontak Maubere Revolutionary Concil.

Mantan Presiden Timor Leste mengatakan, kematian Mauk Moruk sangat disayangkan. Tetapi menurutnya, kematian Mauk tidak akan mengancam stablitas Timor Leste.

"Saya rasa (stabilitas Timor Leste) tidak akan terganggu, karena semua orang di Timor Leste tahu persis perilakunya. Dia membakar jembatan dalam insiden yang berlangsung beberapa bulan," ujar Horta, seperti dikutip ABC Australia, Selasa (11/8/2015).

Horta memperkirakan tidak akan ada perlawanan dari pendukung Mauk Moruk di Baucau. "Kekuatannya terbatas di wilayah tersebut," lanjutnya.

"Saya tahu persis seberapa besar dukungan yang didapatnya dan berapa banyak pihak yang tidak mendukungnya," imbuh Horta.

Sementara Menteri Luar Negeri Timor Leste, Agio Pereira menyebutkan, kondisi politik Timor Leste sangat normal sekali.

Agio juga membantah tentang pemberitaan sepihak yang menyebutkan adanya instabilitas pasca tewasnya Mauk Moruk. Menurut Agio, Mauk Moruk merupakan mantan veteran Timor Leste yang pernah membelot ke Indonesia tapi beberapa tahun belakangan Mau Moruk kembali ke Timor Leste setelah kembali dari Belanda dan melakukan kampanye negatif non kooperatif.

"Kelompok Mauk Moruk seringkali diundang dan diajak dialog oleh pemerintah namun selalu menghindar, bahkan tahun lalu pernah di penjara akibat perbuatan kriminal yang mengganggu stabilitas keamanan Timor Leste," tutur Agio.

Agio menegaskan, dengan tewasnya Mauk Moruk, praktis situasi keamanan di Timor Leste semakin kondusif, dan diharapkan pemerintahan lebih serius memperhatikan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Timor Leste.


(FJR)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

1 hour Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA