Ahok Selidiki Uji Kir Scania

Fauzan Hilal    •    Selasa, 11 Aug 2015 10:37 WIB
transjakarta
Ahok Selidiki Uji Kir Scania
Bus TransJakarta merek Scania. (Foto: MI/Angga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelidiki hasil uji kir bus TransJakarta merek Scania yang didatangkan langsung dari Swedia. Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama menduga ada kesalahan administrasi dalam stiker uji Kir yang dikeluarkan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI.
 
Ahok tidak mempermasalahkan jika terjadi kesalahan administrasi hingga terjadi kekeliruan dalam pencantuman angka kapasitas bus di stiker. Ia akan mempermasalahkan jika bus terbakar dan mogok.
 
"Bagi saya kesalahan administrasi tidak membahayakan penumpang. Kalau busnya tidak terbakar, suspensi bagus, tidak mogok, aman semua. Kalau 1 bus kursinya 111 namanya gerbong kereta api. Kursinya memang 30-an, tapi penumpang boleh lebih kalau berdiri," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (11/8/2015).
 
Ia mengakui, masalah ini bukan pertama kali terjadi. Beberapa waktu lalu, DKI pernah menerima bantuan corporate social responsibility (CSR) lima unit bus tingkat wisata merek Mercedes Benz. Namun Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melarang bus beroperasi karena chassis bus tidak memenuhi standar.
 
"Dulu bus tingkat dibongkar gara-gara nggak memenuhi standar menurut versi dirjen (Kemenhub), chasis nggak cocok dipersoalkan. Tapi bus China yang Weichai, sering mogok, kebakar, bisa dibeli ribuan, aneh banget," ujarnya.
 
Ahok menuding ada persaingan antar pengusaha sejak pihaknya tidak beli bus asal Tiongkok. Kendati demikian, dirinya tidak akan mengubah kebijakan dan tetap menolak beli bus asal Tiongkok.
 
"Kami tidak tahu persaingan seperti apa. Apa orang dalam disogok, saya tidak tahu. ‎Tapi buat apa persoalkan administrasi, cuma stiker. Terpenting busnya aman buat penumpang," katanya.
 
Ahok akan mencari oknum yang membuat dan mengisi stiker hasil uji kir untuk mengetahui inti permasalahan. "Kalau yang Scania saya tidak tahu kesalahannya di mana, kami akan selidiki. Ini sengaja, kesalahan, sabotase, atau mau cari gara-gara? Karena kami tidak mau beli bus lain, kita hanya beli bus terbaik," ujarnya.


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA